Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Tipe Diabetes | 0 comments

Apa Saja Jenis Diabetes Melitus?

Diabetes melitus memang adalah penyakit yang cukup banyak diderita, namun demikian, masih banyak yang belum mengetahui bahwa ada beberapa jenis diabetes melitus. Memahami jenis penyakit diabetes melitus sangatlah penting. Karena setiap jenis penyakit diabetes melitus membutuhkan penanganan yang berbeda satu sama lainnya.

Berbagai Macam Jenis Penyakit Diabetes Melitus

Berbagai Macam Jenis Penyakit Diabetes MelitusPenyakit diabetes melitus sebenarnya dibagi menjadi 3 macam jenis. Namun sayangnya, kebanyakan orang hanya mengetahui salah satu jenis penyakit diabetes melitus saja yaitu diabetes melitus tipe 1.

Padahal sebenarnya masih ada 2 macam jenis diabetes lainnya yaitu diabetes melitus tipe 2 dan juga diabetes melitus gestasional. Apa perbedaan dari jenis-jenis penyakit diabetes melitus tersebut? anda bisa mempelajari bagaimana perbedaan dari masing-masing jenis diabetes melitus tersebut di sini.

Seperti Apakah Diabetes Melitus Tipe 1?

Diabetes melitus tipe 1 memang adalah jenis diabetes yang paling umum diketahui. Penyakit ini muncul disebabkan karena faktor keturunan. Mereka yang memiliki silsilah keturunan penderita diabetes melitus harus berhati-hati karena ada kemungkinan menderita penyakit yang sama.

Penyebab utama munculnya penyakit diabetes melitus tipe 1 ini adalah karena kerusakan organ pankreas. Organ pankreas yang mengalami kerusakan tidak dapat lagi memproduksi hormon insulin. Namun setelah dilakukan berbagai macam riset, ternyata ditemukan adanya faktor lain yang dapat memicu kerusakan organ pankreas selain karena faktor keturunan.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat memicu kerusakan organ pankreas dan menyebabkan munculnya penyakit diabetes melitus tipe 1:

  • Penurunan sistem imun tubuh.
  • Serangan virus.
  • Kekurangan nutrisi.
  • Penurunan fungsi organ di dalam tubuh karena penuaan.

Di Indonesia, penyakit diabetes melitus tipe 1 ini diderita sebanyak 2 hingga 3 persen dari orang yang menderita penyakit diabetes melitus. selain itu, penyakit diabetes melitus tipe 1 ini bukan hanya bisa menyerang orang yang sudah lanjut usia saja. Fakta membuktikan bahwa mayoritas penderita DM tipe 1 adalah mereka yang masih anak-anak hingga remaja, perlunya cara menurunkan gula darah secara alami dalam rangka menekan angka penderita diabetes melitus tipe 1 di Indonesia.

Seperti Apakah Diabetes Melitus Tipe 2?

Seperti Apakah Diabetes Melitus Tipe 2Jika anda ingin mengetahui jenis diabetes apa yang paling banyak diderita, maka jawabannya adalah diabetes melitus tipe 2. Lebih dari 90% penderita diabetes melitus dinyatakan menderita DM tipe 2. Berbeda dengan penyakit DM tipe 1, DM tipe 2 adalah penyakit diabetes yang bisa dikatakan muncul akibat pola hidup yang tidak sehat.

Oleh sebab itu, diabetes melitus tipe ini bisa diderita oleh siapa saja bahkan anda yang sama sekali tidak memiliki silsilah keturunan penderita DM. Jika penyakit DM tipe 1 disebabkan karena organ pankreas tidak dapat lagi memproduksi hormon insulin, DM tipe 2 tidaklah demikian.

Penderita DM tipe 2 tidak memiliki masalah apapun pada fungsi organ pankreas. Pankreas masih bisa memproduksi hormon insulin, namun hormon insulin tidak dapat berfungsi secara maksimal dalam mengangkut glukosa menuju sel dalam tubuh.

Oleh karena itulah, glukosa akan terus menerus menumpuk di dalam darah dan menyebabkan kadar gula darah meningkat tak terkendali. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kegemukan merupakan faktor pemicu munculnya penyakit diabetes melitus tipe 2 yang paling tinggi. Oleh sebab itulah, sebaiknya jaga berat badan agar jangan sampai berlebihan.

Seperti Apakah Diabetes Melitus Gestasional?

Jenis diabetes satu ini memang paling jarang diketahui. Karena memang penyakit DM jenis ini hanya menyerang wanita yang sedang hamil. Sebenarnya dari beberapa kasus diabetes melitus gestasional, penyakit akan lenyap dengan sendirinya setelah masa melahirkan.

Namun demikian, jenis diabetes ini juga tetap perlu diperhatikan dan juga dicegah agar jangan sampai bertambah parah. Dokter sangat berperan dalam mengatasi maupun mencegah agar penderita diabetes melitus gestasional tidak semakin bertambah parah.

Hal ini disebabkan karena wanita yang sedang hamil jelas sangat membutuhkan asupan nutrisi yang tepat. Oleh sebab itu, disarankan penderita DM gestasional ini untuk terus berkonsultasi dengan dokter mengenai kesehatan tubuhnya.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa seseorang yang sudah pernah menderita penyakit diabetes melitus gestasional juga memiliki potensi untuk menderita penyakit DM tipe 2 setelah melahirkan. Potensi akan semakin meningkat jika mereka sama sekali tidak mengatur pola makan dan memiliki masalah kelebihan berat badan.