Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Solusi Terbaik | 0 comments

Komplikasi DM: Satu Masalah yang Harus Dicegah

Komplikasi DM adalah satu masalah yang sebaiknya jangan pernah anda alami. Karena kebanyakan orang yang sampai mengalami masalah tersebut mengalami kesulitan untuk mengatasinya. Memang komplikasi DM bisa disebut sebagai satu mimpi buruk bagi setiap penderita penyakit diabetes melitus.

Cukup banyak orang yang meninggal dunia karena mengalami masalah komplikasi tersebut. Karena itu, sebaiknya anda mengetahui bagaimana cara mencegahnya sedini mungkin. Jika saat ini anda masih bingung bagaimana cara mencegah masalah komplikasi tersebut, segera baca dan lakukan apa yang akan kami bahas di sini.

Cara Jitu Untuk Menghindari Komplikasi DM

stop diabetesAda cukup banyak cara untuk menghindari terjadinya komplikasi DM. Namun yang paling penting untuk mencegah masalah tersebut adalah kedisiplinan diri anda sendiri dalam melakukan semua cara yang akan kami bahas di sini.
Jika anda siap mendisiplinkan diri anda, maka mulai lakukan beberapa hal berikut ini segera:

1. Mulai kontrol kadar gula darah

Kadar gula darah merupakan satu hal yang wajib anda kontrol sesering mungkin. Saat ini anda bisa dengan mudah mengetahui berapa kadar gula darah anda menggunakan alat khusus. Oleh sebab itu, pastikan untuk melakukan pengecekan secara berkala setiap harinya.

2. Mulai mengontrol tekanan darah

Selain mengontrol kadar gula darah, kami juga menyarankan anda untuk mengontrol tekanan darah terutama bagi anda yang menderita penyakit hipertensi. Tekanan darah yang tinggi akan meningkatkan resiko seorang penderita penyakit diabetes melitus untuk mengalami komplikasi DM.

3. Pertahankan memiliki berat badan normal

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan satu faktor pemicu penyakit diabetes melitus. Namun hal ini juga dapat memicu masalah komplikasi penyakit diabetes melitus. Oleh sebab itu, pastikan untuk tetap mempertahankan memiliki berat badan yang tidak melebihi batas normal.

4. Atur pola makan dan hilangkan kebiasaan tidak sehat anda

Mulai saat ini aturlah pola makan anda. Jangan terlalu banyak memakan makanan berlemak. Karena hal tersebut akan menimbun semakin banyak lemak di dalam tubuh anda. Hal tersebut jelas dapat meningkatkan resiko komplikasi DM.

Selain itu, pastikan juga untuk menghilangkan kebiasaan tidak sehat yang sering anda lakukan. Kebiasaan tidak sehat yang perlu anda hilangkan adalah seperti merokok dan juga minum minuman yang mengandung alkohol. Kebiasaan tersebut sebaiknya sama sekali tidak anda lakukan lagi jika anda tidak ingin mengalami masalah komplikasi.

5. Cek kadar gula darah secara berkala di laboratorium

Ya, memang benar anda bisa mengukur kadar gula darah anda sendiri menggunakan alat khusus. Namun hal tersebut bukanlah cara paling akurat untuk mengetahui berapa tinggi kadar gula darah anda. Cara paling akurat masih dengan melakukan pengecekan darah di laboratorium. Selain itu, pengecekan kadar gula darah di laboratorium juga dapat membantu mengetahui jika anda beresiko tinggi mengalami komplikasi DM atau tidak.