Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pola Makan | 0 comments

Tips Menentukan Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes Melitus

Sudahkah anda memulai mengatur menu makanan anda dengan benar? Ingat, mengatur menu makanan untuk penderita diabetes melitus sangatlah penting. Baik buruknya kondisi kesehatan anda dipengaruhi dengan apa yang anda konsumsi. Semakin buruk makanan yang anda konsumsi, maka akan semakin buruk kondisi kesehatan anda.

Apakah anda mengalami kesulitan dalam menentukan menu makanan apa yang baik untuk dikonsumsi? Jika memang sampai saat ini anda masih bingung tentang mana makanan yang baik dan buruk bagi penderita DM, sebaiknya baca dan pelajari info yang akan kami bagikan di artikel ini.

3 Faktor Penting Dalam Menentukan Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes Melitus

Di dalam menentukan mana makanan yang baik dan mana makanan yang buruk untuk penderita DM, anda bisa menggunakan beberapa faktor sebagai patokannya. Apa saja faktor-faktor tersebut? Berikut ini 3 faktor penting yang sebaiknya digunakan dalam proses pemilihan menu makanan untuk penderita diabetes melitus:

  1. Karbohidrat sederhana atau karbohidrat kompleks

karbohidrat kompleksPerlu anda ketahui, makanan yang mengandung karbohidrat sederhana sebaiknya sudah tidak dikonsumsi lagi oleh penderita DM. Makanan tersebut dapat mempercepat peningkatan kadar gula dalam darah.

Sebaiknya, mulailah konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum, beras merah, beras hitam, dan juga beras coklat. Karena makanan tersebut tidak menyebabkan kadar gula darah melonjak dan bahkan bisa membantu menjaga kestabilan kadar gula darah anda.

  1. Sayuran yang sehat atau sayuran yang berbahaya

Hampir semua orang pasti beranggapan bahwa semua sayuran menyehatkan. Faktanya, tidak semua sayuran baik untuk dikonsumsi terutama bagi penderita diabetes melitus. Sayuran yang dikemas di dalam kaleng jelas bukan makanan yang sehat.

Sayuran yang ada di dalam kaleng memiliki kandungan sodium yang cukup tinggi. Sodium adalah kandungan yang dapat meningkatkan tekanan darah anda. Hindari sayuran tersebut sebisa mungkin.

  1. Pemanis alami atau pemanis buatan

Faktor ketiga yang juga tidak kalah penting dalam menentukan apakah makanan baik dikonsumsi oleh penderita DM adalah penggunaan pemanis. Penderita DM memang masih diperbolehkan menggunakan pemanis, namun tidak semua jenis pemanis boleh digunakan.

Gula aren dan gula stevia adalah 2 macam pemanis alami yang boleh digunakan oleh penderita DM. Penderita DM sebaiknya tidak menggunakan pemanis selain kedua jenis pemanis tersebut.

Makanan Enak Belum Tentu Berbahaya Bagi Penderita DM

Di dalam menentukan menu makanan untuk penderita diabetes melitus, orang sering beranggapan bahwa menu makanan yang enak rasanya pasti tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi. Faktanya, ada cukup banyak makanan enak yang justru dapat membantu mengontrol penyakit diabetes melitus.