Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pola Makan | 0 comments

Saran Makanan Pengganti Nasi Untuk Diabetes

Nasi bukanlah makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus, karena itu kami sarankan anda penderita diabetes untuk mulai beralih ke makanan pengganti nasi untuk diabetes. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai apa saja makanan pengganti nasi untuk diabetes tersebut, ada baiknya kami jelaskan secara singkat mengenai apa alasan nasi bukanlah makanan yang baik bagi penderita diabetes.

Nasi adalah makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana adalah jenis karbohidrat yang paling cepat dicerna dan dirubah menjadi energi di dalam tubuh. Karbohidrat yang cepat dicerna justru bukanlah jenis karbohidrat yang baik bagi penderita diabetes melitus.

Hal tersebut disebabkan karena ketika tubuh mencerna karbohidrat untuk dirubah menjadi energi, karbohidrat akan dirubah menjadi glukosa. Jika proses pencernaan semakin cepat, maka tubuh akan dibanjiri dengan glukosa. Karena itulah, maka penderita diabetes yang memakan nasi akan lebih mudah mengalami peningkatan kadar gula darah.

Karena itulah, kami sarankan anda untuk mulai menggunakan berbagai macam makanan yang bisa menjadi makanan pengganti nasi untuk diabetes. Apakah makanan yang bisa dijadikan makanan pengganti nasi untuk diabetes tersebut? anda bisa membaca secara lengkap mengenai jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus dan cara mengobati penyakit gula alami tersebut di artikel ini.

Makanan Seperti Apa yang Bisa Menjadi Makanan Pengganti Nasi Untuk Diabetes

Makanan Pengganti Nasi Untuk DiabetesMakanan yang disebutkan bisa menjadi makanan pengganti nasi untuk diabetes adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang lebih lama diproses tubuh jika dibandingkan dengan karbohidrat sederhana.

Oleh sebab itulah, dengan memakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, penderita diabetes melitus tidak perlu merasa takut lagi kadar gula darahnya meningkat. Lalu apa saja macam makanan karbohidrat kompleks yang bisa menjadi pilihan bagi penderita diabetes melitus?

Beragam Jenis Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Sebenarnya ada banyak sekali macam makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang bisa menjadi makanan pengganti nasi untuk diabetes. Berikut ini adalah beberapa macam makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang paling mudah ditemukan:

  • Beras Merah

Beras merah bukan hanya baik untuk penderita diabetes karena memiliki kandungan karbohidrat kompleks saja. Beras merah juga kaya akan serat dan juga vitamin B. Serat yang ada di dalam beras merah dapat membantu meningkatkan kepekaan sel-sel di dalam tubuh dalam menerima hormon insulin. Sedangkan vitamin B yang ada di dalam beras merah dapat mencukupi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Beras Hitam

Beras hitam sebenarnya merupakan varian dari beras putih yang biasa kita konsumsi. Namun beras hitam lebih sedikit melalui proses penggilingan. Oleh sebab itu nutrisi yang dimiliki oleh beras hitam jauh lebih besar dari nutrisi beras putih.

  • Beras Cokelat

Beras coklat juga adalah varian yang sama seperti beras hitam dan juga beras putih. Yang membedakan hanyalah proses penggilingannya. Oleh karena itu, beras coklat juga memiliki manfaat yang hampir sama seperti beras hitam.

  • Roti Gandum

Roti gandum adalah makanan pengganti nasi untuk diabetes yang sangat baik. Karena selain memiliki kandungan karbohidrat kompleks, roti gandum juga kaya akan serat dan juga memiliki protein nabati. Karena itulah, roti gandum tidak hanya dapat mencegah peningkatan kadar gula darah saja. Roti gandum juga dapat mencukupi kebutuhan serat dan juga protein hewani di dalam tubuh.