Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pola Makan | 0 comments

Peranan Lemak Baik Dalam Menu Makanan Penderita Diabetes

Menu makanan penderita diabetes melitus memang disarankan untuk tidak mengandung lemak. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya lemak sendiri terbagi menjadi 2 macam jenis? Ya, selama ini banyak dari kita yang menganggap lemak adalah kandungan berbahaya yang sebaiknya dihindari.

Namun sebenarnya, lemak sendiri ada beberapa macam jenis. Ada lemak jahat dan ada juga lemak baik. Yang perlu kita kurangi jumlahnya adalah lemak jahat. Karena memang lemak jahat dapat memicu berbagai macam penyakit di dalam tubuh.

Sedangkan lemak baik adalah jenis lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki manfaat yang sangat besar. Sebelum anda menganggap lemak adalah kandungan yang harus dihilangkan dari menu makanan penderita diabetes, sebaiknya baca terlebih dahulu berbagai macam jenis lemak dan penanganan diabetes melitus tipe 2 di sini.

Beragam Jenis Lemak di Dalam Tubuh

Jenis Lemak di Dalam TubuhJika anda sudah terbiasa mengatur pola makan menggunakan menu makanan penderita diabetes, pasti anda menganggap bahwa lemak adalah kandungan buruk bagi tubuh. Sebenarnya lemak sendiri terdiri dari 2 macam jenis yaitu lemak baik dan juga lemak jahat. Lemak jahat adalah jenis lemak yang memang biasanya memicu berbagai macam penyakit berbahaya.

Namun lemak baik adalah jenis lemak yang sebenarnya sangat bermanfaat untuk tubuh. Namun sayangnya, masih banyak orang belum mengetahuinya. Ada 2 macam jenis lemak baik yang ada di dalam tubuh. Kedua jenis lemak baik tersebut adalah trigliserida dan juga kolesterol. Apa saja manfaat dari trigliserida dan juga kolesterol tersebut? Berikut ini adalah manfaat dari kedua jenis lemak baik tersebut:

Manfaat trigliserida bagi tubuh

  • Memberikan rasa hangat di dalam tubuh.
  • Melindungi beberapa organ penting di dalam tubuh.
  • Menjadi sumber energi tubuh.

Manfaat kolesterol bagi tubuh

  • Kolesterol adalah bahan baku penting pembentuk pembuluh darah tubuh.
  • Kolesterol juga merupakan bahan baku yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormon testosteron, estrogen, dan juga kortisol.
  • Kolesterol juga merupakan bahan pembentuk asam empedu yang terdapat di dalam organ hati.

Bukankah kolesterol sering dikatakan sebagai jenis lemak yang dapat memicu berbagai macam penyakit? Kolesterol sendiri masih terbagi menjadi 2. Ada kolesterol baik dan ada juga kolesterol jahat. Kolesterol baik adalah kolesterol yang bermanfaat bagi tubuh. Sedangkan kolesterol jahat adalah kolesterol yang dapat memicu berbagai macam penyakit.

Lemak yang dimaksud tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus tersebut adalah lemak yang dapat meningkatkan kolesterol jahat tersebut. Memang ada beberapa jenis makanan yang tidak disarankan untuk menjadi menu makanan penderita diabetes. Karena makanan tersebut memang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Jenis Lemak di Dalam Makanan yang Tidak Disarankan Ada di Dalam Menu Makanan Penderita Diabetes

Untuk mengontrol penyakit diabetes melitus, memang sebaiknya anda mulai mengatur pola makan menggunakan menu makanan penderita diabetes. Jika anda tidak ingin mengalami masalah tambahan lagi, pastikan untuk tidak memasukan makanan yang mengandung beberapa macam lemak jahat seperti:

  • Lemak jenuh

Lemak jenuh biasanya ada di dalam minyak kelapa, kelapa, mentega, daging hewan, whipped cream, keju, susu, dan telur.

  • Lemak trans

Lemak trans ada di dalam margarin, biskuit, cake, donat, dan juga makanan cepat saji.