Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pola Makan | 0 comments

Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes: Sebaiknya Pilih Makanan Manis atau Buah Manis?

Ketika mempelajari tentang apa saja menu makanan untuk penderita diabetes, pernahkah anda bertanya-tanya mengenai mana yang lebih berbahaya antara makanan manis dengan buah manis? Ternyata, cukup banyak orang yang mulai mempertanyakan hal tersebut.

Jika dilihat secara sekilas, memang mayoritas anda yang sudah memahami penyakit diabetes melitus pasti akan mengatakan bahwa makanan manis jauh lebih berbahaya daripada buah manis. Apakah benar makanan manis jauh lebih berbahaya daripada buah manis khususnya untuk penderita diabetes melitus?

Tahukah anda bahwa ada beberapa jenis buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus? Ya, memang masih banyak yang belum mengetahui fakta ini. Memang ada beberapa macam buah yang cukup berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Mau tahu cara sehat menurunkan gula darah dan apa bahaya dari makanan manis dan juga buah manis bagi penderita diabetes melitus? Sebelum anda mulai mempersiapkan apa saja menu makanan untuk penderita diabetes, pastikan untuk membaca artikel ini terlebih dahulu.

Mengapa Makanan Manis dan Buah Manis Berbahaya Bagi Penderita Diabetes Melitus?

menu makanan untuk diabetesMemang selama ini banyak penderita penyakit diabetes melitus yang salah mengira mengenai buah-buahan. Kebanyakan orang berpikir bahwa penderita DM bisa memakan berbagai macam buah.

Padahal, ada beberapa macam buah yang cukup berbahaya untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Jika dilihat secara sekilas, memang bahaya makanan manis jauh lebih besar daripada memakan buah-buahan manis.

Hal tersebut dikarenakan glukosa yang ada di dalam makanan manis maupun minuman manis akan langsung diserap oleh pembuluh darah. Glukosa yang ada di dalam makanan dan minuman manis tersebut akan langsung meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh. Parahnya lagi, glukosa yang ada di dalam makanan dan minuman perlu diproses menggunakan hormon insulin.

Karena itulah, pankreas harus memproduksi lebih banyak hormon insulin jika kadar gula darah meningkat. Oleh sebab itulah, makanan maupun minuman manis memang sangat tidak dianjurkan untuk dimasukkan ke dalam menu makanan untuk penderita diabetes. Sedangkan glukosa yang ada di dalam buah memang bisa diolah menjadi energi tanpa perlu menggunakan hormon insulin.

Namun demikian, penderita diabetes melitus tetap harus waspada dengan beberapa macam buah. Ada beberapa macam buah yang dinyatakan memiliki indeks glikemik tinggi. Buah-buahan tersebut tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita diabetes. beberapa buah yang memiliki indeks glikemik tinggi tersebut adalah pisang ambon, nangka, durian, sawo, mangga, kelengkeng, rambutan, duku, dan juga kurma.

Selain itu, ada juga beberapa macam buah yang sebaiknya tidak terlalu banyak dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus karena memiliki indeks glikemik sedang. Buah-buahan yang memiliki indeks glikemik sedang tersebut adalah pisang, nanas, semangka, pepaya, dan juga mangga muda.

Buah-Buahan yang Baik Dimasukkan Ke Dalam Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes

Lalu buah-buahan apa saja yang baik untuk dimasukkan ke dalam menu makanan untuk penderita diabetes? Untuk penderita diabetes melitus, kami sarankan untuk memakan buah-buahan yang memiliki indeks glikemik rendah seperti alpukat, apel, jeruk, stroberi, dan juga pir. Namun meskipun buah-buahan tersebut memiliki indeks glikemik rendah, anda tetap harus memperhatikan porsinya.