Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pola Makan | 0 comments

Apakah Bisa Menentukan Makanan yang Baik Untuk Penderita Diabetes Menggunakan Indeks Glikemik?

Apakah dengan menggunakan indeks glikemik dapat membantu anda menentukan makanan yang baik untuk penderita diabetes? Indeks glikemik memang bisa digunakan untuk menentukan makanan yang berpotensi untuk meningkatkan kadar gula darah jika dikonsumsi.

Karena makanan yang dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak memiliki nilai indeks glikemik tinggi. Sedangkan nilai indeks glikemik sebenarnya belum begitu akurat digunakan untuk menentukan makanan yang baik untuk penderita diabetes.

Mengapa nilai indeks glikemik masih belum bisa digunakan sebagai acuan yang akurat dalam menentukan makanan yang baik untuk penderita diabetes. Semua dikarenakan nilai indeks glikemik makanan masih bisa berubah. Hal tersebut tentu sangat berbahaya digunakan untuk menentukan makanan yang baik untuk orang yang menderita penyakit DM.

Untuk menentukan mana makanan yang baik bagi penderita diabetes melitus, selain menggunakan nilai indeks glikemik sebagai acuan, kami sarankan anda untuk mengetahui juga apa saja faktor yang dapat menyebabkan nilai indeks glikemik sebuah makanan bisa berubah. Karena hal ini sangatlah penting, kami sarankan untuk anda yang menderita penyakit diabetes melitus mempelajari apa saja faktor tersebut di artikel ini.

Faktor yang Dapat Menyebabkan Nilai IG Sebuah Makanan Berubah

IGJika anda sudah mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan nilai indeks glikemik sebuah makanan bisa berubah, maka anda bisa menggunakan nilai indeks glikemik lebih akurat lagi dalam menentukan makanan yang baik untuk penderita diabetes.

Indeks glikemik sebuah makanan bisa berubah dikarenakan beberapa macam faktor berikut ini:

  • Makanan sehat diolah dengan cara yang salah

Makanan yang dinyatakan sehat jika dilihat dari nilai indeks glikemiknya yang rendah bisa berubah menjadi makanan yang buruk jika dikonsumsi oleh penderita diabetes karena cara pengolahannya salah. Contohnya seperti buah apel yang diolah menjadi manisan apel.

Buah apel sendiri sebenarnya adalah buah yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Karena apel memang memiliki nilai IG yang rendah. Namun jika sudah diolah menjadi manisan, jelas buah apel sudah tidak baik lagi dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

  • Makanan ditambahkan dengan bahan yang buruk bagi penderita diabetes melitus

Makanan yang baik namun ditambahkan dengan bahan makanan yang buruk juga akan membuatnya menjadi makanan yang berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Contohnya adalah buah apel yang diolah menjadi jus dan ditambahkan dengan gula pasir.

Buah apel masih baik untuk penderita diabetes melitus jika diolah menjadi jus. Namun yang membuatnya berbahaya dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus adalah karena jus tersebut ditambahkan gula pasir.

Mengenal Ciri Makanan yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Setelah mempelajari apa saja faktor yang dapat merubah nilai indeks glikemik pada sebuah makanan, tentunya anda sudah mulai bisa mengetahui bahwa sebenarnya makanan yang baik untuk penderita diabetes memiliki ciri tersendiri.

Makanan yang dinyatakan baik dan sehat jika dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus memiliki ciri-ciri seperti:

  • Nilai indeks glikemik makanan rendah.
  • Makanan diproses dengan cara yang benar.
  • Makanan sama sekali tidak ditambahkan dengan pemanis berbahaya seperti gula pasir dan juga madu yang tidak asli.