Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pola Makan | 0 comments

Makanan bagi Penderita Diabetes yang Menyehatkan

Untuk mengatasi penyakit diabetes melitus, memang makanan bagi penderita diabetes harus diatur. Karena sebenarnya penyakit diabetes bisa bertambah parah jika penderitanya sama sekali tidak mengatur apa yang mereka makan.

Salah satu hal buruk yang bisa terjadi ketika penderita diabetes tidak mengontrol makanan yang dikonsumsinya adalah kadar gula darah akan terus meningkat dan akan semakin sulit dikendalikan. Jika anda adalah salah seorang penderita DM, maka sebaiknya mulailah memahami seperti apa makanan bagi penderita diabetes melitus tersebut di artikel ini.

Apa Saja Makanan yang Baik bagi Penderita Diabetes?

Apa Saja Makanan yang Baik bagi Penderita DiabetesSebenarnya, makanan bagi penderita diabetes sangatlah mudah. Penderita diabetes melitus tidak disarankan untuk memakan makanan maupun minuman yang terlalu manis. Makanan yang baik bagi penderita diabetes adalah makanan yang banyak mengandung serat seperti buah-buahan dan juga sayur-sayuran.

Namun demikian, penderita DM tidak disarankan untuk memakan buah sembarangan. Karena memang ada beberapa macam buah yang tidak baik dikonsumsi oleh penderita DM karena alasan tingginya kadar glukosa di dalam buah-buahan tersebut. Sedangkan untuk sayuran juga hampir sama seperti buah.

Ada beberapa macam jenis sayuran yang dinyatakan paling baik dikonsumsi oleh penderita DM. Beberapa jenis sayuran tersebut adalah kangkung, gambas, kecipir, kembang kol, labu air, timun, terong, dan masih banyak lagi. Yang terpenting dalam memilih sayuran untuk penderita DM adalah sayuran tersebut tidak mengandung karbohidrat dalam jumlah yang terlalu besar.

Pro Kontra Masalah Ngemil Bagi Penderita DM

Banyak orang beranggapan bahwa penderita diabetes tidak boleh ngemil. Sebenarnya, penderita diabetes boleh ngemil asalkan makanannya tepat. Penderita diabetes boleh memakan kudapan seperti buah-buahan ketika ingin ngemil. Namun pastikan untuk tidak memakan buah-buahan yang terlalu manis.

10 Jenis Makanan Nikmat yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Selama ini orang menganggap bahwa penderita diabetes melitus harus memakan makanan yang tidak nikmat untuk menjaga kestabilan kadar gula darahnya. Faktanya, penderita DM masih boleh menikmati 10 macam jenis makanan yang nikmat.

Berikut adalah 10 macam makanan nikmat yang dinyatakan sebagai makanan yang baik bagi penderita diabetes:

  1. Selai Kacang

Banyak penderita diabetes memusuhi selai kacang. Sebenarnya, selain kacang adalah makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita DM. Selai kacang memiliki kandungan serat yang baik untuk menjaga kestabilan gula darah. Namun perlu diingat bahwa selai kacang yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah yang tanpa gula.

  1. Coklat hitam

Coklat hitam juga termasuk sebagai salah satu makanan yang baik bagi penderita diabetes. Karena di dalamnya terdapat kandungan flavonoid yang dapat menyeimbangkan kadar kolesterol jahat dan juga baik. Selain kolesterol, kandungan flavonoid yang ada di dalam coklat hitam juga dapat menyeimbangkan tekanan darah.

  1. Salmon

Salmon bisa dikatakan sebagai salah satu makanan yang disarankan untuk penderita diabetes. Alasannya adalah karena salmon memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan juga omega 3. Selain itu, salmon juga tidak memiliki kandungan lemak jahat.

  1. Tuna

Tuna juga termasuk sebagai makanan bagi penderita diabetes melitus. Tuna memiliki manfaat dan kandungan yang hampir sama seperti salmon.

  1. Kacang polong

Kacang polong adalah makanan yang memiliki kandungan bermanfaat terutama bagi penderita diabetes. selain serat yang dapat menstabilkan kadar kolesterol dan tekanan darah, kalsium yang ada di dalamnya juga sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

  1. Susu

Susu memiliki kandungan vitamin D dan juga kalsium yang sangat bermanfaat bila dikonsumsi oleh penderita diabetes. selain itu, penelitian telah menemukan fakta bahwa vitamin D dapat membantu mengurangi resiko menderita penyakit DM sebanyak 33%. Namun bagi penderita diabetes, sebaiknya pilihlah susu yang rendah lemak.

  1. Oats

Oats adalah makanan yang tepat untuk penderita diabetes melitus. karena kandungan seratnya berlimpah. Oats terbukti dapat membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam darah dan juga tekanan darah.

  1. Biji rami

Biji rami memiliki kandungan Alpha Linolenic Acid yang sangat bermanfaat. Kandungan ALA tersebut terbukti dapat menjaga kestabilan gula darah dan juga kolesterol. Selain itu, ALA juga dapat mengurangi resiko menderita penyakit jantung dan juga penyakit kardiovaskuler lainnya.

  1. Bawang putih

Bawang putih kaya akan kandungan bermanfaat seperti potasium, zinc, dan juga sulfur. Potasium dapat meningkatkan metabolisme tubuh sedangkan zinc dan sulfur merupakan kandungan yang menjadi komponen dari insulin.

  1. Kenari

Kenari juga dapat memberikan manfaat seperti menstabilkan gula darah. Namun demikian, penderita diabetes melitus perlu mengatur porsi ketika memakan kenari. Karena kenari juga memiliki kalori yang cukup tinggi.

Makanan yang Buruk bagi Penderita Diabetes

Makanan yang Buruk bagi Penderita DiabetesUntuk dapat menjaga kestabilan kadar gula darah, memang penderita diabetes harus mau mengatur pola makan. Ada beberapa macam makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi. Alasannya adalah karena makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah. Inilah beberapa macam makanan yang sebaiknya tidak lagi dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus:

  • Makanan berkarbohidrat sederhana

Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana sebaiknya tidak lagi dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Makanan tersebut akan meningkatkan kadar gula di dalam darah karena karbohidrat sederhana sangat cepat dicerna oleh tubuh dan dirubah menjadi glukosa.

  • Sayuran kalengan dan tinggi karbohidrat

Sayuran memang sangat baik dikonsumsi oleh penderita DM. Namun demikian, sayuran kalengan dan juga yang tinggi karbohidrat sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita DM.

  • Buah yang tinggi glukosa

Tidak semua buah baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah-buahan yang memiliki kadar glukosa terlalu tinggi seperti semangka, durian, nangka, pisang ambon, kelengkeng, mangga, duku, dan juga rambutan sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita DM. Selain itu, buah-buahan yang sudah diolah menjadi manisan juga sebaiknya tidak dikonsumsi karena dapat meningkatkan kadar gula darah.

  • Makanan berprotein buruk

Protein memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. namun demikian, sebaiknya penderita DM juga tidak asal memilih makanan berprotein. Karena ada banyak macam makanan berprotein yang tidak baik jika dikonsumsi oleh penderita DM.

Makanan berprotein yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita DM adalah seperti daging babi, daging goreng, keju, tahu, iga, dan juga kacang-kacangan yang disajikan menggunakan minyak babi.

  • Makanan berlemak

Makanan berlemak adalah makanan yang sebaiknya sudah dihindari oleh penderita diabetes. Karena memakan makanan berlemak justru akan meningkatkan resiko mengalami berbagai macam penyakit berbahaya.

  • Minuman yang buruk bagi penderita DM

Penderita DM sebaiknya juga berhati-hati dalam memilih minuman. Karena ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi. Minuman seperti soda, teh manis, kopi manis, minuman penambah energi adalah minuman yang buruk bagi penderita DM.

  • Makanan cepat saji

Makanan cepat saji sebenarnya tidak hanya buruk bagi penderita DM. Alasannya adalah karena makanan cepat saji memiliki kandungan lemak jahat yang sangat tinggi.

Manfaat Diet Rendah Kalori bagi Penderita DM

Makanan bagi penderita diabetes melitus memang lebih disarankan yang tidak memiliki kalori yang tinggi. Karena memang dengan memakan makanan yang rendah kalori, penderita DM bisa mendapatkan banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat dari melakukan diet rendah kalori bagi anda yang menderita penyakit diabetes:

Manfaat jangka pendek

  • Menurunkan kadar gula darah dan berkurangnya kemunculan gejala-gejala diabetes melitus.
  • Membantu menurunkan dan mengeluarkan glikogen secara cepat dari dalam organ hati.

Manfaat jangka panjang

  • Membantu meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh.
  • Meningkatkan kepekaan sel dalam menerima glukosa dari hormon insulin.
  • Menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah.
  • Mengurangi resiko mengalami masalah penyempitan dan pengerasan dinding pembuluh darah.

Makanan Karbohidrat yang Baik bagi Penderita Diabetes

Makanan Karbohidrat yang BaikKarbohidrat memang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk mencukupi kebutuhan energi. Namun demikian, penderita diabetes melitus tidak bisa sembarangan memakan makanan berkarbohidrat. Karena karbohidrat sederhana justru akan meningkatkan kadar gula darah secara drastis jika sampai dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Oleh sebab itulah, makanan bagi penderita diabetes disarankan mengandung karbohidrat kompleks. Berikut adalah beberapa macam jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk penderita DM:

  • Beras merah

Beras merah tidak hanya baik karena memiliki kandungan karbohidrat kompleks saja. Beras merah juga memiliki kandungan vitamin B dan protein nabati yang sangat tinggi.

  • Beras hitam

Beras hitam juga tidak kalah bermanfaatnya dari beras merah jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beras hitam dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

  • Beras coklat

Beras coklat adalah varian yang sama seperti beras yang sering kita konsumsi. Namun perbedaannya adalah beras coklat melewati proses penggilingan lebih sedikit daripada beras putih yang sering kita konsumsi. Oleh sebab itu, beras coklat memiliki lebih banyak nutrisi jika dibandingkan dengan beras putih yang sering kita konsumsi.

  • Roti gandum

Roti gandum sangat baik bagi penderita diabetes karena mengandung serat dan juga protein yang cukup tinggi. Namun pastikan untuk memilih roti gandum jenis whole wheat.

Apakah Penderita Diabetes Tidak Boleh Menggunakan Pemanis?

Sebenarnya penderita diabetes masih boleh menggunakan pemanis. Namun pemanis yang diperbolehkan digunakan untuk penderita DM berbeda dengan pemanis pada umumnya. Gula pasir bukanlah pemanis yang boleh digunakan dalam makanan bagi penderita diabetes. Karena penggunaan gula pasir dapat meningkatkan kadar gula darah.

Penderita diabetes melitus lebih disarankan untuk menggunakan pemanis lain yang lebih aman seperti gula stevia dan juga gula aren. Namun meskipun gula tersebut aman digunakan untuk penderita diabetes, anda tetap harus mengatur penggunaannya.

Apakah Semua Lemak di Makanan Berbahaya bagi Penderita Diabetes?

Semua Lemak di Makanan BerbahayaSering kali orang salah mengira bahwa lemak sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh. Padahal sebenarnya lemak sendiri memiliki peranan penting di dalam tubuh kita. Tanpa adanya lemak, tubuh justru bisa mengalami masalah. Namun demikian, memang terlalu banyak lemak juga akan memberikan masalah pada kesehatan tubuh.

Berikut adalah manfaat dari beberapa macam lemak yang ada di dalam tubuh kita:

  • Kolesterol

Kolesterol sebenarnya terdiri dari 2 macam jenis yaitu kolesterol jahat (LDL) dan juga kolesterol baik (HDL). Kolesterol memiliki fungsi yang sangat penting di dalam tubuh yaitu sebagai bahan utama pembentuk dinding pembuluh darah dan juga menjadi komponen dalam hormon di dalam tubuh. Kolesterol juga sangat dibutuhkan untuk memproduksi asam empedu yang ada di dalam organ hati.

  • Trigliserida

Trigliserida adalah jenis lemak yang memiliki fungsi hampir sama pentingnya seperti kolesterol. Trigliserida berfungsi sebagai pemberi rasa hangat, melindungi organ tubuh dari kerusakan, dan juga bisa dijadikan sebagai sumber energi.

Lemak bisa menimbulkan masalah jika jumlahnya sudah melebihi batas normal. Oleh sebab itu, sebaiknya mulailah mengatur pola makan anda untuk mencegah berbagai macam masalah yang muncul akibat kandungan lemak di dalam tubuh meningkat.

Makanan Berprotein yang Baik bagi Penderita Diabetes

Penderita diabetes melitus memang sangat membutuhkan asupan protein. namun demikian, sebaiknya hati-hati dalam memakan makanan yang mengandung protein terutama protein hewani. Karena makanan yang mengandung protein hewani juga memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Itulah sebabnya penderita diabetes melitus lebih disarankan untuk memilih asupan protein nabati dari kacang-kacangan. Selain kacang-kacangan, penderita diabetes juga bisa mendapatkan asupan protein yang aman dari ikan. Karena ikan memang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan juga rendah lemak.

Cara Memasak Makanan bagi Penderita Diabetes yang Benar

Di dalam mempersiapkan makanan bagi penderita diabetes, anda sebaiknya berhati-hati. Karena bahan makanan yang awalnya baik dikonsumsi untuk penderita diabetes melitus bisa berubah menjadi makanan berbahaya jika cara memasaknya salah. Untuk memasak makanan yang disajikan bagi penderita DM, sebaiknya menggunakan cara di kukus, di pepes, maupun di rebus.

Makanan yang digoreng menggunakan minyak sangat tidak disarankan untuk penderita diabetes melitus. Alasannya adalah karena makanan yang digoreng sudah mengandung lemak jahat meskipun awalnya merupakan makanan yang baik bagi penderita DM.

Selain itu, andapun perlu berhati-hati karena makanan yang mengandung protein dan dimasak menggunakan cara digoreng dapat memicu munculnya zat karsinogen. Zat karsinogen adalah zat yang dapat meningkatkan resiko kemunculan penyakit kanker.