Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pola Makan | 0 comments

Diet Rendah Kalori, Diet Untuk Penderita Diabetes Melitus

Diet rendah kalori memang adalah salah satu program diet untuk penderita diabetes melitus. Program diet rendah kalori yang dilakukan dengan benar dan disiplin sudah terbukti dapat membantu mengontrol penyakit diabetes melitus.

Sudah taukah anda tentang bagaimana cara melakukan diet rendah kalori bagi penderita diabetes melitus tersebut? Taukah anda manfaat apa saja yang bisa anda dapatkan dengan melakukan diet tersebut? Baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Manfaat Diet Rendah Kalori Untuk Penderita Diabetes Melitus

Jika dilakukan dengan benar dan secara disiplin, diet rendah kalori benar-benar memberikan dampak positif pada penderita diabetes. Berikut ini adalah manfaat diet rendah kalori sebagai salah satu diet untuk penderita diabetes melitus:

  • diet rendah kaloriMembantu meningkatkan produksi hormon insulin di dalam tubuh.
  • Meningkatkan kepekaan sel-sel di dalam tubuh dalam menerima glukosa yang dibawa oleh hormon insulin.
  • Mengurangi resiko penderita diabetes untuk mengalami aterosklerosis.
  • Membantu menurunkan kadar gula dalam darah sekaligus tekanan darah.

Jika diperhatikan, jelas diet kalori tersebut benar-benar sangat bermanfaat khususnya bagi penderita diabetes melitus. Karena selain mampu membantu mengontrol penyakit DM, diet tersebut juga mampu menurunkan resiko penderita DM mengalami komplikasi.

Lalu bagaimana cara melakukan diet rendah kalori tersebut?

Cara Melakukan Program Diet Rendah Kalori Untuk Penderita DM yang Tepat

Dikarenakan program diet rendah kalori sangatlah membantu dalam mengatasi penyakit diabetes melitus, maka sebaiknya memang penderita DM mulai menjalankan program diet ini. Program diet rendah kalori sebenarnya tidaklah sulit untuk dijalankan.

Namun memang, masalah terbesar yang harus dihadapi oleh penderita DM dalam melakukan program diet ini adalah menjaga kedisiplinan diri. Untuk menjalankan program diet rendah kalori, penderita DM sebaiknya mulai merubah menu makannya terutama makanan yang mengandung karbohidrat.

Ganti menu karbohidrat sederhana seperti nasi putih, kentang, dan roti yang terbuat dari tepung putih dengan makanan berkarbohidrat kompleks. Selain itu, pastikan untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang baik untuk penderita DM.

Asupan protein juga harus diperhatikan. Penderita DM memang sebaiknya tidak mendapatkan asupan protein jenis hewani. Penderita DM lebih baik mendapatkan asupan protein dari protein nabati.

Jika mampu melakukan diet untuk penderita diabetes melitus ini secara disiplin, kemungkinan besar anda bisa kembali menjalani hidup seperti orang normal lainnya.