Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pola Makan | 0 comments

Cegah Peningkatan Kadar Gula Dengan Menghindari Makanan yang Dilarang Bagi Penderita Diabetes

Untuk mencegah meningkatnya kadar gula, anda bisa melakukannya dengan cara menghindari memakan makanan yang dilarang bagi penderita diabetes. Memang ada manfaat yang sangat besar yang bisa didapatkan oleh penderita diabet yang mau mengontrol pola makannya. Sadarilah bahwa memang ada beberapa macam makanan yang sangat bahaya jika dikonsumsi oleh penderita diabet.

Salah satu bahaya yang dapat dirasakan oleh penderita diabet yang tidak menjaga pola makan adalah mengalami kesulitan menjaga kadar gula darah dalam tubuh dalam keadaan stabil. Mayoritas penderita diabet yang terus memakan berbagai macam makanan yang dilarang bagi penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang cukup tinggi.

Padahal, kadar gula darah yang terlalu tinggi sangatlah berbahaya bagi penderita diabetes melitus. Hal tersebut bisa meningkatkan resiko penderita diabet untuk mengalami komplikasi penyakit. Tentunya tidak ada dari anda yang ingin sampai mengalami komplikasi penyakit bukan? Oleh karena itu, sebaiknya mulailah tertibkan diri anda untuk tidak lagi memakan makanan yang dilarang bagi penderita diabetes serta gunakan obat penyakit gula kering alami untuk mengatasinya.

Mengenal Berbagai Macam Makanan yang Dilarang Bagi Penderita Diabetes

dieetUntuk anda yang menderita penyakit diabetes, sebaiknya mulai sekarang jangan konsumsi lagi makanan yang termasuk sebagai makanan yang dilarang bagi penderita diabetes. Berikut adalah contoh makanan yang sangat buruk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus tersebut:

  • Makanan yang memiliki kandungan jenis karbohidrat sederhana

Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat sederhana seperti nasi dan juga roti sebaiknya memang tidak lagi dikonsumsi oleh penderita diabet. Karena makanan yang memiliki kandungan karbohidrat sederhana beresiko meningkatkan kadar gula darah. Penderita diabet lebih baik memakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum, beras hitam, beras merah, dan juga beras coklat.

  • Makanan yang mengandung lemak jahat

Selain makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, makanan yang mengandung lemak jahat seperti makanan cepat saji, daging hewan, jeroan, dan semua makanan yang diproses menggunakan mentega maupun margarin juga sebaiknya tidak dikonsumsi. Lebih baik memilih makanan yang mengandung lemak baik seperti ikan laut. Karena ikan laut kaya akan omega 3 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Apakah Semua Sayuran dan Buah Aman Dikonsumsi Oleh Penderita Diabet?

Sebagai orang yang menderita penyakit diabet, anda harus benar-benar berhati-hati dalam memilih makanan. Karena banyak sekali makanan yang dilarang bagi penderita diabetes. Bahkan tidak semua buah dan sayuran baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Ada beberapa macam buah yang rawan meningkatkan kadar gula darah jika dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Buah-buahan yang berbahaya untuk dikonsumsi oleh penderita diabet tersebut adalah seperti buah kelengkeng, rambutan, nangka, nanas, pisang ambon, durian, dan juga sawo.

Sedangkan untuk sayuran, perlu dilihat kembali bagaimana proses memasaknya. Karena sayuran yang sehat bisa menjadi sayuran berbahaya jika cara memasaknya salah. Sebaiknya jangan memasak sayuran dengan menggunakan mentega maupun margarin. Lebih baik sayuran dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau dipepes.