Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pola Makan | 0 comments

Apa Saja Buah yang Bisa Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Tidak semua buah boleh dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit diabetes melitus. Ada beberapa macam buah yang justru dapat meningkatkan kadar gula darah jika terlalu sering dikonsumsi. Lalu apakah buah yang bisa dikonsumsi penderita diabetes?

Bagi anda yang menderita penyakit diabetes melitus, sebaiknya mempelajari mengenai apa saja jenis buah-buahan yang tidak berbahaya jika dikonsumsi. Baca penjelasan lengkap mengenai buah yang baik untuk penderita DM tersebut di artikel ini.

Contoh Buah yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

buah buah diabetesBuah yang boleh dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit diabetes memang sebaiknya yang tidak memiliki kadar gula yang terlalu tinggi. Buah-buahan yang kadar glukosanya terlalu tinggi jelas akan sangat membahayakan kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa contoh buah yang bisa dikonsumsi penderita diabetes:

  • Apel
  • Jeruk
  • Alpukat
  • Strawberry
  • Pir

5 macam buah tersebut memang sudah terbukti memiliki nilai indeks glikemik yang cukup rendah. Buah yang nilai indeks glikemiknya rendah tidak akan membahayakan kesehatan penderita diabetes melitus dan bisa dikonsumsi berkali-kali.

Fakta Mengenai Baik Buruknya Mengolah Buah Untuk Penderita Diabetes

Selama ini memang penderita diabetes diwajibkan untuk sering-sering mengkonsumsi buah-buahan yang nilai indeks glikemiknya rendah. Namun masalahnya, beberapa penderita diabetes melakukan kesalahan seperti mengolah buah-buahan tersebut menjadi beberapa macam minuman maupun makanan.

Permasalahannya adalah proses pengolahan yang dilakukan tersebut membuat buah yang awalnya aman untuk dikonsumsi penderita DM menjadi berbahaya. Buah-buahan yang diolah dengan cara yang salah jelas dapat meningkatkan kadar gula darah.

Salah satu contoh kesalahan pengolahan buah yang banyak dilakukan adalah seperti menambahkan gula pasir, madu, maupun sirup. Padahal, pemanis tersebut bukanlah pemanis yang baik. Pemanis tersebut dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak.

Jika memang anda ingin mengolah buah-buahan untuk penderita DM, sebaiknya gunakan pemanis alami seperti gula aren maupun gula stevia. Gula tersebut memang sudah terbukti aman dikonsumsi oleh penderita DM.

Semoga informasi mengenai buah yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes ini dapat mengurangi kesalahan dalam mengolah maupun memilih jenis buah-buahan untuk penderita DM.