Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Olahraga vs Diabetes | 0 comments

Faktor yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Olahraga Untuk Diabetes

Olahraga untuk diabetes memang sangatlah bermanfaat. Karena dengan rutin berolahraga, penderita diabetes melitus jelas akan jauh lebih mudah mengurangi keganasan penyakit yang dideritanya. Namun ada baiknya, anda yang menderita penyakit diabetes melitus harus memperhatikan beberapa macam faktor terlebih dahulu sebelum mulai berolahraga. Hal tersebut dikarenakan olahraga memang memiliki dua sisi bagi penderita diabetes melitus.

Jika dilakukan secara tepat, maka olahraga jelas akan sangat membantu dalam mengatasi penyakit diabetes melitus. Namun jika dilakukan secara asal-asalan, maka justru penderita diabetes melitus bisa mengalami kondisi kesehatan yang lebih buruk. Oleh sebab itu, sebelum anda mulai rutin melakukan aktivitas olahraga untuk diabetes, anda perlu mengetahui faktor apa saja yang perlu diperhitungkan sebelum berolahraga bagi penderita diabetes melitus tersebut di sini.

4 Macam Faktor Utama yang Patut Diperhitungkan Sebelum Memulai Aktivitas Olahraga Untuk Diabetes

Aktivitas OlahragaAda 4 macam faktor yang perlu diperhatikan oleh penderita diabetes melitus jika anda ingin mendapatkan hasil maksimal dan juga mencegah berbagai macam masalah muncul. Berikut adalah 4 macam faktor yang patut anda perhatikan sebelum memulai aktivitas olahraga untuk diabetes secara rutin:

  • Frekuensi

Frekuensi merupakan berapa hari dalam seminggu anda akan berolahraga. Pada umumnya, penderita diabetes melitus disarankan untuk berolahraga selama 3 hingga 5 kali dalam seminggu. Namun penderita diabetes melitus tipe 2 dan memiliki masalah kelebihan berat badan disarankan untuk berolahraga setiap hari. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi resiko munculnya berbagai masalah akibat kelebihan berat badan dan penyakit diabetes melitus.

  • Intensitas

Intensitas berolahraga yang disarankan bagi penderita diabetes melitus adalah olahraga dengan ukuran sedang hingga medium yang dapat meningkatkan denyut jantung sampai 50% hingga 75%.

  • Durasi

Durasi adalah berapa lama anda berolahraga dalam sehari. Pada umumnya, penderita diabetes melitus tidak disarankan untuk berolahraga lebih dari 1 jam. Mayoritas penderita diabetes melitus berolahraga selama 30 menit setiap 5 kali dalam sehari. Untuk penderita diabetes melitus tipe 2 dan memiliki kelebihan berat badan disarankan untuk berolahraga selama 1 jam. Semua itu dilakukan untuk mengurangi penumpukan lemak di dalam tubuh.

  • Jenis olahraga

Jika anda memang akan mulai berolahraga, maka pastikan untuk memilih olahraga untuk diabetes yang benar-benar anda sukai. Karena bila anda sudah menyukai jenis olahraganya, maka andapun akan jauh lebih menikmati ketika melakukannya. Hal tersebut jelas akan mempermudah anda untuk berolahraga secara teratur dan disiplin.

Namun demikian, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum anda mulai berolahraga sesuai dengan olahraga untuk diabetes yang anda sukai. Karena memang ada beberapa macam jenis olahraga yang tidak disarankan dilakukan oleh penderita diabetes melitus.

Itulah beberapa faktor yang hendaknya anda perhatikan sebelum mulai melakukan aktivitas olahraga untuk diabetes.