Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Informasi Diabet | 0 comments

Berapa Ukuran Gula Darah Normal dan Bagaimana Cara Mengetahuinya?

Sudah tau tentang berapa ukuran gula darah yang normal itu? Untuk anda yang ingin terhindar dari penyakit diabetes, tentu anda harus mengetahui tentang berapa kadar gula darah normal dan bagaimana mengetahuinya.

Untuk mengetahui berapa kadar gula darah normal, anda perlu melakukan 2 kali pemeriksaan. Pemeriksaan kadar gula darah bisa dilakukan dengan 3 macam cara. Baca penjelasan lengkap mengenai pemeriksaan kadar gula darah tersebut di artikel ini.

Berapa Ukuran Gula darah yang Normal dan Tahapan Pengecekannya

pemeriksaan gula darahUntuk memastikan apakah kadar gula darah anda termasuk normal atau tidak, anda perlu melakukan pemeriksaan sebanyak 2 kali. Pemeriksaan pertama dilakukan setelah anda berpuasa selama 8 jam. Pemeriksaan kedua dilakukan 2 jam setelah anda makan.

Ukuran gula darah yang normal setelah anda berpuasa selama 8 jam adalah antara 70 sampai 100 mdl. Sedangkan ukuran darah normal setelah 2 jam makan tidak boleh lebih dari 200 mdl. Bila hasil pemeriksaan anda menunjukkan angka gula darah lebih dari yang disebutkan diatas, maka anda berpotensi untuk menjadi penderita diabetes melitus jika tidak segera melakukan tindakan pencegahan.

Cara Melakukan Pemeriksaan Kadar Gula Darah

Untuk mengetahui berapa kadar gula darah anda, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan. Cara pertama adalah cara yang paling disarankan. Cara pertama tersebut adalah dengan melakukan pemeriksaan darah langsung di laboratorium.

Pemeriksaan kadar gula darah di laboratorium memang sampai saat ini merupakan cara paling akurat untuk mengetahui berapa kadar gula darah anda. Namun cara ini memang membutuhkan waktu. Jika anda tidak memiliki cukup waktu luang untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah di laboratorium, maka anda bisa menggunakan 2 cara berikut ini:

  1. Menggunakan alat strip

Alat strip bisa anda beli di apotik manapun. Alat strip ini menunjukkan peningkatan atau penurunan kadar gula darah dalam bentuk warna. Alat strip akan berubah warna setelah diteteskan darah diatasnya. Setelah mengalami perubahan warna, anda hanya perlu mencocokkan warna tersebut dengan tabel yang disertakan saat anda membeli alat strip ini.

  1. Menggunakan alat pengukuran kadar gula darah digital

Alat strip memang kurang begitu memuaskan di dalam memeriksa kadar gula darah. Hal tersebut dikarenakan ketidakmampuannya dalam menunjukkan kadar gula darah dalam bentuk angka.

Oleh sebab itu, jika anda benar-benar ingin memastikan apakah gula darah anda normal atau tidak, sebaiknya anda menggunakan alat pengukuran kadar gula darah digital. Prinsip kerjanya hampir sama seperti ketika anda menggunakan alat strip. Namun hasil akhirnya sangat memuaskan untuk mengetahui kadar gula darah anda.

Jika anda memang tidak ingin menderita penyakit DM, sebaiknya mulai sekarang rutinlah melakukan pengecekan kadar gula darah. Usahakan juga untuk menjaga kadar gula darah anda sedekat mungkin dengan ukuran gula darah yang normal.