Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Informasi Diabet | 0 comments

Apakah Madu dan Gula Pasir Merupakan Pemanis Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes?

Gula pasir dan juga madu bukanlah pemanis makanan sehat bagi penderita diabetes. Madu dan juga gula pasir merupakan 2 macam pemanis yang justru sangat berbahaya jika digunakan oleh penderita diabetes melitus. Alasan mengapa madu dan gula pasir adalah contoh pemanis yang berbahaya adalah karena kedua jenis pemanis tersebut sangat berpotensi meningkatkan kadar gula darah.

Apakah selama ini anda masih sering menikmati makanan atau minuman yang menggunakan madu atau gula pasir sebagai pemanisnya? Bila memang anda masih sering menikmatinya, mulai sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Lebih baik anda menggunakan pemanis makanan yang benar-benar aman untuk penderita diabetes melitus.

Sebenarnya apa pemanis makanan sehat bagi penderita diabetes tersebut? Untuk anda yang belum mengetahui apa pemanis yang baik untuk penderita diabetes melitus dan cara tradisional mengobati diabetes kering, anda bisa mempelajari selengkapnya di sini.

2 Macam Pemanis Alami yang Aman Digunakan Oleh Penderita DM

gulaDibandingkan dengan madu dan gula pasir, kami sarankan anda yang menderita diabetes melitus mulai beralih menggunakan gula aren atau gula stevia sebagai pemanis. Mengapa? Karena gula aren dan gula stevia sudah terbukti aman digunakan oleh penderita diabetes melitus.

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh gula aren dan juga gula stevia sebagai pemanis makanan sehat bagi penderita diabetes:

• Indeks glikemik dari gula aren dan gula stevia sangatlah rendah.

Keunggulan pertama dari gula aren dan juga gula stevia adalah indeks glikemik dari kedua macam gula tersebut sangatlah rendah.  Karena itulah, penggunaan kedua macam gula tersebut sangat aman dan tidak akan menimbulkan permasalahan bagi penderita DM.

• Gula stevia dan gula aren terbukti tidak meningkatkan kadar gula darah.

Gula stevia dan juga gula aren sudah dipastikan aman digunakan oleh penderita diabetes melitus karena memang terbukti tidak menyebabkan kadar gula darah meningkat. Namun ingat, meskipun gula aren dan juga gula stevia dinyatakan aman untuk digunakan oleh penderita DM, bukan berarti anda bisa menggunakannya sesuka hati. Pastikan untuk tetap mengontrol penggunaan gula aren dan juga gula stevia.

Mengapa Madu dan Gula Pasir Bukan Pemanis Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes?

Tentunya ada beberapa dari anda yang merasa penasaran mengenai mengapa madu dan juga gula pasir bukan pemanis makanan sehat bagi penderita diabetes. Bagi anda yang masih penasaran dan membutuhkan penjelasan mengenai hal tersebut, anda bisa membaca penjelasannya berikut ini:

• Gula pasir

Sudah cukup lama gula pasir dinyatakan sebagai pemanis yang berbahaya bagi penderita diabetes melitus. Hal tersebut dikarenakan gula pasir memang memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, gula pasir sangat berpotensi meningkatkan kadar gula darah ketika dikonsumsi oleh penderita DM.

• Madu

Madu memang sebenarnya tidak berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Bahkan sebenarnya madu sangatlah bermanfaat. Namun sayangnya tidak mudah untuk menemukan madu asli saat ini. Mayoritas madu yang dijual di pasaran merupakan madu palsu atau madu yang sudah dicampur dengan air dan juga gula pasir. Karena itulah, maka madu dinyatakan berbahaya jika digunakan sebagai pemanis oleh penderita diabetes melitus.