Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Info Diabet | 0 comments

Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes

Apakah berpuasa bagi penderita diabetes aman? Penderita diabetes melitus tidak perlu khawatir untuk melakukan puasa. Karena berpuasa tidak akan menyebabkan masalah apapun jika sudah dipersiapkan dari awal. Selama ini memang banyak orang memperdebatkan bahwa berpuasa sangatlah berbahaya bagi penderita diabetes melitus.

Kebanyakan orang terutama penderita diabetes melitus merasa takut mengalami hipoglikemia saat menjalankan ibadah puasa. Apakah memang benar bahwa berpuasa tidaklah berbahaya dilakukan oleh penderita diabetes melitus? Apa saja yang harus dipersiapkan oleh penderita DM ketika hendak berpuasa?

Memang ada beberapa macam hal yang harus dipersiapkan oleh penderita DM yang hendak menjalankan ibadah puasa. Semua hal tersebut akan dapat mencegah terjadinya masalah paling buruk seperti hipoglikemia saat berpuasa. Mau berpuasa dengan aman tanpa rasa was-was? Pelajari cara mengatasi kadar gula darah tinggi dan tips berpuasa bagi penderita diabetes melitus dengan cara aman di sini.

Puasa yang Aman Bagi Penderita Diabetes

puasa dan diabetPenderita diabetes melitus memang boleh menjalankan ibadah puasa. Andapun tidak perlu merasa cemas mengalami masalah-masalah seperti hipoglikemia asalkan anda mau memperhatikan beberapa hal seperti:

  • Jagalah kondisi tubuh anda sebelum berpuasa

Sebelum menjalankan ibadah puasa, pastikan anda selalu menjaga kondisi tubuh anda tetap fit. Jangan sampai membiarkan kesehatan tubuh anda berkurang selama menjalankan ibadah puasa. Karena jika tubuh anda tidak fit, maka anda berpotensi mengalami hipoglikemia dan juga beberapa macam gejala-gejala lainnya.

  • Makan dengan porsi yang sama

Selama masa puasa, jangan sampai anda mengurangi porsi makan ketika sahur maupun berbuka puasa. Karena anda akan berpuasa selama kurang lebih 8 jam dalam sehari. Jika anda mengurangi porsi makan, maka kemungkinan kadar gula darah anda bisa menurun secara drastis karena kekurangan asupan nutrisi akibat porsi makan berkurang.

  • Makan makanan yang berprotein dan berserat

Makanan berserat selain dapat membantu mengontrol kadar gula darah selama berpuasa juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Sedangkan makanan berprotein sangatlah bermanfaat untuk memberikan nutrisi tambahan di dalam tubuh. Dengan begitu, harapannya penderita DM masih bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.

  • Atur jadwal makan anda saat berpuasa

Sebaiknya penderita diabetes melitus jangan sampai terlambat berbuka. Karena jika sampai anda terlambat berbuka puasa apalagi terlambat cukup lama, ada kemungkinan tubuh anda akan kekurangan asupan nutrisi. Hal tersebut jelas sangat berbahaya dan beresiko menyebabkan anda mengalami masalah hipoglikemia.

Meskipun anda sudah menjalankan semua tips aman berpuasa bagi penderita diabetes tersebut, ada baiknya anda tetap waspada dengan kemunculan beberapa gejala hipoglikemia seperti:

  • Kepala pusing
  • Mual
  • Jantung terasa berdebar-debar
  • Tubuh mulai gemetar dan mengeluarkan keringat dingin
  • Pandangan mulai kabur

Bila anda mulai merasakan beberapa gejala tersebut, sebaiknya jangan memaksakan diri anda untuk melanjutkan berpuasa. Segera dapatkan perawatan intensif untuk mencegah kondisi tubuh anda bertambah parah. Berpuasa bagi penderita diabetes melitus memang diperbolehkan.

Namun pastikan selalu waspada. Baca tips berpuasa aman untuk penderita diabetes melitus DI SINI. Berpuasa bagi penderita diabetes melitus memang diperbolehkan. Namun pastikan selalu waspada. Baca tips berpuasa aman untuk penderita diabetes melitus DI SINI.