Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Faktor Resiko | 0 comments

Besarkah Resiko Kemunculan Penyakit Stroke Akibat dari Penyakit Diabetes?

Penderita penyakit diabetes melitus mulai merasa dihantui oleh fakta bahwa penyakit stroke bisa saja muncul akibat dari penyakit diabetes. Lalu masalahnya, sebesar apakah resiko seorang penderita penyakit diabetes melitus untuk menderita penyakit stroke tersebut?

Tentunya anda yang saat ini menderita penyakit diabetes melitus sudah sangat was-was dengan kabar tersebut. Memang penderita penyakit DM beresiko menderita penyakit stroke. Namun hal tersebut bisa terjadi jika anda tidak mampu mengontrol kadar glukosa di dalam darah dan juga memiliki beberapa faktor pemicu lainnya.

Untuk anda yang ingin memastikan apakah anda termasuk beresiko menderita penyakit stroke akibat dari penyakit diabetes yang anda derita, maka anda bisa memastikannya dengan mempelajari apa saja faktor lain yang dapat memicu kemunculan penyakit dan cara mudah mengatasi diabetes tersebut di sini.

Faktor Lain yang Dapat Memicu Penyakit Stroke Selain Penyakit Diabetes Melitus

stroke1Memang penyakit stroke berpotensi muncul akibat dari penyakit diabetes. Namun penyakit diabetes melitus bukan satu-satunya faktor pemicu dari penyakit stroke tersebut. Penyakit diabetes melitus merupakan faktor pemicu penyakit stroke nomor 2. Sedangkan masih ada beberapa faktor pemicu stroke lain yang perlu diwaspadai seperti:

  • Menderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang menjadi faktor pemicu munculnya penyakit stroke nomor 1. Hal tersebut dikarenakan tekanan darah tinggi memang dapat menyebabkan pendarahan pada pembuluh darah otak.

  • Memiliki kadar kolesterol LDL yang cukup tinggi.

Memiliki kadar kolesterol LDL yang cukup tinggi di dalam tubuh juga menjadi salah satu faktor yang dapat menimbulkan penyakit stroke. Karena kadar kolesterol LDL yang terlalu tinggi biasanya menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

  • Kurang berolahraga dan tidak menjaga pola makan.

Kurang berolahraga dan tidak menjaga pola makan juga faktor yang semakin memperburuk kondisi tubuh. Dengan kurang berolahraga dan tidak menjaga pola makan, maka kadar kolesterol dan glukosa di dalam darah jelas akan meningkat secara drastis.

Fakta Munculnya Penyakit Stroke Akibat dari Penyakit Diabetes Melitus

Bila saat ini anda sudah menderita penyakit diabetes melitus, seberapa besar resiko anda untuk menderita penyakit stroke akibat dari penyakit diabetes yang anda derita? Menurut hasil penelitian seorang penderita penyakit diabetes melitus akan sangat beresiko menderita penyakit stroke jika tidak mampu mengontrol kadar gula darah dan juga memiliki beberapa faktor resiko lain.

Kadar glukosa di dalam darah yang melebihi 200 mg/dl akan meningkatkan kemungkinan seorang penderita penyakit DM untuk menderita penyakit stroke sebesar 25%. Oleh sebab itu, sebaiknya sekarang anda cek terlebih dahulu berapa kadar glukosa darah anda. Jika anda memiliki kadar glukosa darah lebih dari 200 mg/dl, maka berhati-hatilah. Karena itu berarti anda sangat berpotensi menderita penyakit stroke.