Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Faktor Resiko | 0 comments

Infeksi Akibat Diabetes, Inilah Bahaya Lain dari Penyakit Diabetes Melitus

Infeksi akibat diabetes adalah salah satu bahaya lain yang dapat disebabkan oleh penyakit diabetes melitus yang tidak ditangani dengan benar. Sudah sering kali kita ingatkan kepada para penderita penyakit diabetes melitus bahwa penyakit DM bukanlah penyakit biasa. Penyakit tersebut terbukti sudah menyebabkan banyak sekali orang kehilangan nyawa.

Baru-baru ini, ditemukan juga bahwa penyakit diabetes melitus juga ternyata mempengaruhi kemunculan masalah infeksi. Masalah infeksi bukanlah masalah biasa. Karena infeksi yang dibiarkan begitu saja juga beresiko menyebabkan kematian.

Sudahkah anda mengetahui dengan jelas mengenai infeksi akibat diabetes tersebut? Bila anda masih belum mengetahui dengan jelas mengenai mengapa penyakit diabetes melitus bisa menyebabkan munculnya masalah infeksi, maka anda bisa mempelajarinya secara lebih detail di sini.

Infeksi Akibat Diabetes, Apa Penyebabnya?

diabetes-call-to-actionSeperti sudah sering kami katakan, penyakit diabetes melitus memang dapat menyebabkan banyak sekali masalah. Salah satu masalah yang bisa disebabkan oleh penyakit tersebut adalah infeksi.  Infeksi bisa muncul akibat diabetes dikarenakan 2 macam faktor penyebab.

Berikut adalah 2 macam faktor penyebab mengapa seorang penderita DM sangat beresiko mengalami infeksi:

1. Terjadinya kerusakan pada sistem kekebalan tubuh.

Penderita penyakit diabetes melitus khususnya bagi mereka yang tidak disiplin menjaga kadar gula darah sering mengalami kerusakan atau penurunan sistem kekebalan tubuh. Masalah inilah yang sebenarnya menyebabkan penderita DM sangat mudah mengalami infeksi. Karena ketika sistem kekebalan tubuh mengalami kerusakan atau penurunan fungsi, maka bakteri dan juga virus penyebab infeksi akan sangat mudah menyerang tubuh.

2. Beberapa sistem saraf penting di dalam tubuh mengalami kerusakan.

Tingginya kadar gula darah juga dapat merusakkan beberapa sistem saraf penting di dalam tubuh. Kerusakan pada beberapa sistem saraf di dalam tubuh tersebut berimbas pada penurunan kepekaan seorang penderita penyakit DM dengan infeksi.  Karena itulah, cukup banyak penderita DM yang terlambat mengatasi masalah infeksi karena mereka baru menyadarinya ketika infeksi sudah terlanjur memburuk.

Beberapa Bagian Tubuh yang Rawan Mengalami Infeksi

Dikarenakan seorang penderita penyakit DM kemungkinan tidak peka lagi dengan kemunculan infeksi, maka sebaiknya anda harus mengetahui bagian tubuh mana saja yang sering mengalami infeksi. Dengan mengetahui bagian tubuh mana saja yang sering mengalami infeksi, maka anda akan lebih mudah melakukan pengecekan.

Berikut adalah beberapa bagian tubuh yang paling riskan mengalami infeksi:
• Kaki
• Kulit
• Mulut
• Gigi
• Gusi
• Alat kelami
• Kandung kemih
• Paru-paru

Dari sebagian besar penderita penyakit DM, beberapa dari mereka mengalami masalah infeksi serius yang menyerang bagian kaki dan mulut. Gejala yang muncul ketika infeksi mulai muncul di bagian kaki akibat diabetes adalah kaki mulai mengalami pembengkakan, mulai merasa nyeri, dan jika sudah sangat parah kaki bisa mengalami pembusukan.

Selain itu, gejala infeksi yang terjadi di bagian mulut adalah sering mengalami sariawan dan juga gangguan pada gigi.  Sebaiknya jika anda mulai merasakan beberapa gejala tersebut, segera konsultasikan kesehatan anda dengan dokter. Pastikan untuk tidak meremehkan gejala sekecil apapun jika anda memang sudah menderita penyakit diabetes melitus.