Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Faktor Resiko | 0 comments

Faktor Penyebab Diabetes dari Kebiasaan Kita Sehari-Hari yang Perlu Diwaspadai

Ternyata beberapa macam kebiasaan kita sehari-hari merupakan faktor penyebab diabetes. Karena itulah, mayoritas orang yang hidup di jaman sekarang bisa saja menjadi penderita diabetes melitus meskipun mereka tidak memiliki faktor keturunan penderita penyakit tersebut.

Ya, pasti ada beberapa dari anda yang merasa terkejut. Selama ini memang banyak dari kita yang menganggap bahwa orang yang berpotensi menjadi penderita diabetes melitus adalah mereka yang memiliki silsilah keluarga yang menderita penyakit tersebut. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang meremehkan penyakit diabetes karena sudah yakin bahwa mereka tidak akan menderita penyakit tersebut.

Dengan adanya fakta baru mengenai faktor penyebab diabetes tersebut, ada baiknya kita semua harus lebih berhati-hati sekarang. Untuk mengurangi resiko menderita penyakit diabetes melitus sebaiknya andapun harus mulai mengurangi atau menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang terbukti sebagai faktor penyebab diabetes. Cek apa saja kebiasaan buruk yang meningkatkan resiko kemunculan penyakit diabetes melitus tersebut di artikel ini.

5 Kebiasaan Buruk yang Sering Kita Lakukan Ini Ternyata Adalah Faktor Penyebab Diabetes

faktor penyebab diabetesMengapa penderita penyakit diabetes melitus semakin bertambah? Semua itu ternyata dikarenakan ada beberapa macam kebiasaan kita sehari-hari yang merupakan faktor penyebab diabetes.

Mulai sekarang, sebaiknya anda mulai mengurangi beberapa kebiasaan yang merupakan faktor penyebab diabetes berikut ini:

• Kurang waktu tidur

Apakah anda sering tidur larut malam? Tahukah anda bahwa kurang tidur dapat meningkatkan resiko anda untuk menjadi penderita diabetes melitus baru? Alasan mengapa kurang tidur dapat meningkatkan resiko munculnya penyakit diabetes melitus adalah karena ada beberapa organ tubuh yang dapat mengalami masalah disfungsi.

Jika sampai organ pankreas yang mengalami masalah disfungsi, maka hal tersebut akan membuat tubuh kekurangan hormon insulin. Ketika tubuh kekurangan hormon insulin, maka gula darah akan cenderung meningkat dan menyebabkan penyakit diabetes melitus.

• Sering mengalami stres

Stres juga bisa dikatakan sebagai kebiasaan orang yang hidup di jaman sekarang. Karena tuntutan pekerjaan, mayoritas orang memaksakan tubuh untuk bekerja lebih keras dari batasan kekuatan tubuhnya. Stres juga merupakan salah satu penyebab penyakit diabetes melitus. Ketika anda mengalami stres, akan muncul reaksi ketidakseimbangan produksi hormon di dalam tubuh.

Tubuh akan lebih banyak memproduksi kortisol ketika anda mengalami stres. Bahayanya adalah ketika produksi hormon insulin di dalam tubuh berkurang. Karena jika sampai hal itu terjadi, maka gula darah akan meningkat dan resiko munculnya penyakit diabetes juga akan semakin meningkat.

• Sering minum minuman bersoda

Minuman bersoda adalah minuman yang cukup banyak digemari. Padahal, terlalu sering meminum minuman bersoda juga tidak baik. minuman soda menggunakan pemanis yang berbahaya. Jika dikonsumsi secara terus menerus dapat meningkatkan kadar gula darah. Mayoritas orang yang sering meminum minuman bersoda juga dapat mengalami masalah pada organ ginjalnya.

• Jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga

Mayoritas orang yang hidup di jaman sekarang tidak memiliki waktu luang lagi untuk melakukan olahraga. Padahal, jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga sangat membahayakan kesehatan tubuh anda. Tubuh yang jarang digunakan untuk bergerak akan menyebabkan meningkatkan penumpukan lemak di dalam tubuh.

Penumpukan lemak di dalam tubuh akan menyebabkan anda mengalami masalah obesitas. Jangan remehkan masalah obesitas, karena obesitas adalah salah satu faktor penyebab diabetes khususnya DM tipe 2 yang cukup besar.

• Sering minum kopi dan teh manis

Minum kopi dan teh di pagi hari sudah menjadi kebiasaan hampir semua orang. Sebenarnya, minum kopi maupun teh boleh-boleh saja. Yang membahayakan adalah pemanis yang anda gunakan. Jika anda menggunakan gula pasir sebagai pemanis dan penggunaannya terlalu sering, maka anda perlu berhati-hati. Karena gula pasir adalah pemanis yang dapat menyebabkan gula darah meningkat dan menyebabkan munculnya penyakit diabetes melitus.

Tips Mencegah Penyakit Diabetes Melitus

Setelah melihat semua fakta bahwa beberapa kebiasaan buruk yang kita lakukan ternyata adalah faktor penyebab diabetes, pastinya ada beberapa dari anda yang mulai resah. Anda tidak perlu resah karena sebenarnya masih ada kesempatan untuk mencegah penyakit diabetes melitus tersebut.

Ikuti beberapa tips berikut ini jika anda ingin mencegah penyakit diabetes melitus:

• Jika anda masih menggunakan gula pasir sebagai pemanis, gantilah dengan gula aren atau gula stevia.

• Mulailah lebih banyak meminum air putih dibandingkan dengan kopi maupun teh.

• Luangkan waktu untuk melakukan olahraga. Anda tidak perlu meluangkan waktu terlalu banyak. Setiap hari cukup luangkan waktu sekitar 30 menit untuk melakukan olahraga ringan.

• Tidurlah minimal 6 jam dalam sehari untuk mencegah terjadinya masalah disfungsi pada organ-orang penting di dalam tubuh.

• Hindari bekerja terlalu keras agar anda tidak mengalami stres. Luangkan waktu untuk berlibur.