Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Deteksi Diabetes | 0 comments

Sebenarnya Apa Penyebab Utama Diabetes Itu?

Beberapa tahun lalu, banyak orang menganggap bahwa penyebab utama diabetes adalah karena faktor keturunan. Itulah mengapa, orang-orang yang tidak memiliki keturunan penderita diabetes bisa melenggang dengan bebas. Namun hal tersebut sudah tidak berlaku lagi.

dont ignore diabetsSaat ini, siapa saja bisa menderita penyakit diabetes melitus. Mereka tidak perlu memiliki keturunan penderita DM untuk bisa menderita penyakit yang sama. Itulah alasan mengapa penderita penyakit diabetes semakin lama semakin bertambah.

Lalu jika faktor keturunan sudah bukan lagi menjadi penyebab utama diabetes, faktor apa yang menjadi penyebab utamanya sekarang? Sebenarnya, tidak ada lagi yang disebut dengan faktor utama. Karena diabetes melitus bisa muncul disebabkan karena banyak faktor. Mau tau apa saja faktor pemicunya? Baca penjelasannya di artikel ini.

3 Faktor yang Menjadi Penyebab Utama Diabetes

Ya, diabetes melitus tidak hanya disebabkan karena faktor keturunan saja. Penyakit ini juga bisa muncul disebabkan karena faktor-faktor lainnya. Berikut ini adalah 3 macam faktor yang menjadi penyebab utama diabetes saat ini:

  1. Pola hidup yang tidak sehat

Pernahkah anda perhatikan bagaimana pola hidup orang jaman sekarang? Pola hidup orang jaman sekarang bisa dikatakan sangat tidak sehat. Pergi larut pagi dan pulang larut malam. Pola hidup seperti itu lama kelamaan akan memicu munculnya penyakit berbahaya dan salah satu penyakit tersebut adalah penyakit diabetes melitus.

  1. Pola makan tidak sehat

Selain pola hidup yang tidak sehat, pola makan orang jaman sekarang juga terkesan asal-asalan. Kebanyakan orang lebih memilih menu makanan cepat saji yang rasanya enak dibandingkan dengan makanan yang sehat. Padahal, makanan cepat saji adalah salah satu makanan pemicu penyakit diabetes melitus.

  1. Jarang berolahraga dan mengalami obesitas

Sebagai efek dari pola hidup dan pola makan yang tidak sehat, biasanya orang akan mengalami masalah obesitas atau kelebihan berat badan. Jika sudah mengalami masalah tersebut, biasanya orang akan menjadi malas berolahraga.

Jika anda sudah mengalami obesitas dan malas berolahraga, resiko anda untuk menderita penyakit diabetes melitus akan semakin tinggi.

Jika anda tidak ingin menderita penyakit diabetes melitus, maka sebaiknya mulai sekarang aturlah pola hidup dan pola makan anda dengan benar. Hindari makan makanan yang mengandung zat kimia berbahaya dan jangan lupa untuk luangkan waktu anda untuk berolahraga setiap hari.