Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Deteksi Diabetes | 0 comments

Apakah Saya Beresiko Mengalami Luka Kaki Diabetes?

Taukah anda mengenai apa itu luka kaki diabetes? Penderita diabet ternyata juga sangat beresiko mengalami masalah luka kaki. Parahnya, masalah luka kaki tersebut juga bisa menyebabkan pembusukan bagian tubuh dan kematian. Apakah anda menderita penyakit diabetes melitus? Lalu seberapa besar resiko anda untuk mengalami luka kaki diabetes tersebut?

Penderita penyakit diabetes melitus memang sebaiknya waspada dengan masalah luka pada kaki tersebut. Karena bisa dikatakan hampir semua penderita penyakit diabet beresiko mengalami masalah tersebut. Namun memang, ada beberapa faktor resiko yang membuat seorang penderita penyakit diabet jauh lebih beresiko mengalami masalah luka kaki tersebut dibandingkan dengan penderita diabet lainnya.

Jika anda ingin memastikan seberapa beresiko anda mengalami masalah tersebut. Baca penjelasan mengenai beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko kemunculan masalah luka kaki tersebut di sini.

Faktor Apa yang Meningkatkan Resiko Seorang Penderita Diabet Mengalami Luka Kaki Diabetes?

luka pada diabetesMemang benar, hampir semua penderita penyakit diabet dapat mengalami masalah luka pada kaki. Namun ada beberapa penderita diabet yang jauh berpotensi mengalami masalah tersebut.

Beberapa penderita diabet yang lebih berpotensi mengalami masalah luka kaki diabetes tersebut adalah mereka yang memiliki beberapa faktor resiko berikut ini:

  • Sudah terlebih dahulu memiliki luka serius di bagian kaki sebelum menderita penyakit diabet.
  • Sudah terlanjur menderita penyakit gagal ginjal kronis.
  • Sangat jarang membersihkan kaki.
  • Sudah mengalami masalah kerusakan saraf di bagian kaki.
  • Memiliki masalah kapalan di bagian tungkai maupun telapak kaki.
  • Tidak mampu menjaga kadar gula darah.

Apakah ada beberapa faktor tersebut yang saat ini anda miliki? Bila memang anda memiliki beberapa faktor tersebut, maka sebaiknya anda lebih berhati-hati lagi. Karena resiko anda untuk mengalami luka kaki diabetes jauh lebih besar lagi sekarang.

Mengenal Seperti Apa Luka Pada Kaki Akibat Penyakit Diabetes Melitus

Bila memang anda memiliki beberapa macam faktor resiko yang dapat meningkatkan kemungkinan munculnya luka kaki diabetes, maka sebaiknya andapun mulai mempelajari juga mengenai seperti apa luka pada kaki yang disebabkan oleh penyakit diabetes melitus tersebut.

Ada 2 macam jenis luka yang dapat diperparah oleh penyakit diabetes melitus. Berikut adalah penjelasan mengenai 2 macam jenis luka di bagian kaki tersebut:

  • Borok

Borok adalah jenis luka di bagian kaki yang paling sering dialami oleh penderita penyakit diabet. Borok biasanya memiliki bentuk seperti kawah. Masalah ini biasanya muncul karena adanya kerusakan pada kulit maupun lapisan lendir.

  • Gangren

Gangren adalah masalah luka di kaki yang paling menakutkan bagi penderita diabet. Karena masalah inilah yang dapat menyebabkan pembusukan. Gangren bisa muncul dikarenakan adanya kerusakan sel kulit. Kerusakan sel kulit tersebut disebabkan oleh tidak adanya pasokan darah ke kulit di bagian kaki. Selain itu, Gangren juga bisa muncul karena infeksi.

Jika memang anda sudah menyadari memiliki beberapa faktor resiko mengalami luka kaki diabetes, maka sebaiknya anda mulai waspada dengan kemunculan 2 macam jenis masalah luka di kaki tersebut dan segera atasi masalah tersebut dengan obat penurun kadar gula.