Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Definisi | 0 comments

Pengertian DM dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Setiap orang seharusnya wajib mengetahui mengenai pengertian DM. Karena penyakit diabetes melitus atau juga dikenal dengan kencing manis adalah salah satu penyakit yang cukup banyak diderita saat ini. Secara umum, penyakit diabetes melitus adalah penyakit yang muncul akibat kadar glukosa di dalam darah terlalu tinggi.

Karena kadar glukosa darah terlalu tinggi, maka dapat memicu berbagai masalah berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jika selama ini anda masih belum mengetahui pengertian penyakit DM secara lengkap, maka ada baiknya anda membaca informasi di artikel ini.

 

Benarkah Air Seni Penderita DM Terasa Manis?

Benarkah Air Seni Penderita DM Terasa ManisMungkin anda sudah sering mendengar bahwa air seni seorang penderita diabetes melitus cenderung di kerubuti semut karena rasanya manis. Namun apakah hal tersebut benar?

Ternyata memang air seni seseorang yang menderita penyakit diabetes melitus memang memiliki rasa yang manis. Karena itu semut sering mengerubuti air seni penderita DM. Air seni penderita DM memiliki rasa yang manis karena mayoritas glukosa yang ada di dalam darah akan dibuang melalui air seni.

Namun meskipun mayoritas penderita DM memiliki air seni yang manis, bukan berarti hal tersebut bisa dijadikan acuan untuk memastikan bahwa seseorang menderita penyakit DM atau tidak. Untuk memastikan apakah seseorang menderita penyakit DM atau tidak dibutuhkan pengecekan kadar gula darah.

 

Pengertian DM: Apa Hubungan Penyakit Kencing Manis Dengan Insulin dan Pankreas?

Untuk memahami pengertian DM, anda memang harus mengetahui apa hubungan antara penyakit diabetes melitus dengan insulin dan juga pankreas.  Karena memang penderita diabetes melitus biasanya mengalami kerusakan organ pankreas dan juga mengalami disfungsi hormon insulin. Kerusakan organ pankreas biasanya dialami oleh mereka yang menderita penyakit DM tipe 1.

Sedangkan disfungsi hormon insulin biasanya dialami oleh mereka yang menderita DM tipe 2. Kerusakan organ pankreas akan berakibat tubuh tidak memiliki cukup hormon insulin untuk membawa glukosa di dalam darah menuju setiap sel yang ada di dalam tubuh. Sedangkan disfungsi hormon insulin akan menyebabkan glukosa yang ada di dalam darah tidak dapat menempel pada hormon insulin.

Tampaknya memang serupa, namun sebenarnya kerusakan pada organ pankreas dan disfungsi pada hormon insulin sangatlah berbeda. Namun kedua masalah tersebut mengakibatkan masalah yang sama yaitu kadar glukosa di dalam darah meningkat tak terkendali.

 

Alasan Mengapa Banyak Orang Menderita Penyakit Diabetes Melitus

Masih cukup banyak orang yang belum mengetahui pengertian DM secara detail. Namun demikian, penyakit diabetes melitus sudah bukan menjadi penyakit aneh lagi. Karena memang semakin lama, penderita penyakit diabetes melitus semakin bertambah.

Laporan pada tahun 2000 saja terdapat setidaknya 8,4 juta penduduk Indonesia yang menderita penyakit diabetes melitus. Maka tidak heran jika Cara mengatasi gula darah tinggi banyak dicari, Jika diperhatikan secara seksama, memang setiap tahun terdapat peningkatan jumlah penderita diabetes melitus yang cukup besar.

Setelah diteliti, ternyata peningkatan jumlah penderita diabetes melitus tersebut berbanding seimbang dengan peningkatan perekonomian. Apa hubungan antara penyakit diabetes melitus dengan peningkatan perekonomian?

Ternyata, orang-orang yang memiliki peningkatan perekonomian cenderung lebih berpotensi menderita penyakit diabetes melitus. Karena ketika perekonomian meningkat, mayoritas orang akan mulai memilih untuk memakan makanan yang enak bukan makanan yang sehat.

Oleh sebab itulah, semakin kaya seseorang justru semakin rawan untuk menjadi penderita diabetes melitus.  Semoga anda yang sudah memahami pengertian penyakit DM ini bisa semakin mudah mencegah menjadi penderita penyakit diabetes melitus.