Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Cegah DM | 0 comments

Waspadai Faktor Penyebab Diabetes Militus Tipe yang Sebenarnya

Sudah tahukah anda mengenai apa sebenarnya faktor penyebab diabetes militus tipe 2? Tahukah anda bahwa penyebab munculnya penyakit diabetes melitus tipe 2 bukanlah karena faktor keturunan? Ya, banyak sekali orang salah mengira. Mereka berpikir bahwa semua jenis penyakit diabetes melitus muncul karena adanya faktor keturunan.

Padahal, hanya penyakit diabetes melitus tipe 1 saja yang dapat muncul karena faktor tersebut. Lain jenis penyakit diabetes melitus memiliki faktor penyebab yang berbeda. Meskipun tampaknya sepele, namun ternyata kesalahan tersebut berdampak besar. Karena mayoritas orang meremehkan penyakit diabetes melitus karena menganggap bahwa mereka tidak dapat menderitanya sebab tidak memiliki faktor keturunan.

Tahukah anda bahwa faktanya setiap orang bisa saja menderita penyakit diabetes melitus terutama DM tipe 2? Bila anda masih tidak percaya, silahkan pelajari lebih lanjut mengenai apa saja faktor penyebab diabetes militus tipe 2 sebenarnya.

Beberapa Macam Faktor Penyebab Diabetes Militus Tipe 2 yang Perlu Diwaspadai

faktor penyebab diabetes melitusMemang benar bahwa setiap orang bisa saja menderita penyakit diabetes melitus khususnya diabetes melitus tipe 2. Karena memang mayoritas orang yang hidup saat ini memiliki cukup banyak faktor penyebab diabetes militus tipe 2 tersebut dan mereka tidak menyadarinya.

Sebenarnya apa faktor penyebab diabetes militus tipe 2 tersebut? Inilah beberapa macam faktor penyebab munculnya penyakit DM tipe 2 yang sebaiknya mulai anda waspadai:

  • Kurang berolahraga

Jika anda perhatikan, mulai banyak orang yang kurang berolahraga saat ini. Banyak sekali alasan mengapa kebanyakan orang mulai kurang berolahraga. Padahal, orang yang kurang berolahraga sangatlah rentan menderita penyakit diabetes melitus.

Karena ketika kurang berolahraga, maka lemak akan semakin menumpuk di dalam tubuh. Selain itu, mekanisme metabolisme di dalam tubuh juga tidak dapat bekerja secara optimal sehingga produksi hormon insulin menjadi terhambat.

  • Terlalu banyak memakan makanan tinggi lemak dan juga makanan instan

Makanan instan yang tinggi akan lemak justru semakin digemari saat ini. Tahukah anda bahwa makanan tersebut bukanlah makanan yang sehat. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan instan yang tinggi akan lemak akan membuat sel-sel di dalam tubuh mengalami penurunan kepekaan dalam menerima hormon insulin.

  • Memiliki berat badan berlebih

Sebagai dampak dari kurang berolahraga dan juga sering memakan makanan tinggi lemak, biasanya orang akan mengalami kelebihan berat badan. Jika tidak segera diatasi, masalah kelebihan berat badan ini juga dapat menyeret anda untuk menjadi penderita diabetes melitus. Karena berat badan yang berlebih akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

  • Kebiasaan merokok

Merokok memang sudah dianggap hal yang biasa saat ini. Padahal kebiasaan merokok justru dapat meningkatkan kemungkinan seseorang untuk menjadi penderita diabetes melitus. Karena merokok ternyata dapat menyebabkan gangguan fungsi hormon di dalam tubuh.

Lalu bagaimana dengan anda? Apakah anda juga memiliki cukup banyak faktor penyebab diabetes militus tipe 2? Waspadalah jika anda memang memiliki beberapa faktor pemicu penyakit DM tipe 2 tersebut.