Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Cegah DM | 0 comments

Pencegahan Penyakit Diabetes Melitus Menurut Tipenya

Apakah benar bahwa pencegahan penyakit diabetes melitus disesuaikan dengan tipe penyakitnya? Ya, karena penyakit diabetes melitus dibagi kedalam berbagai macam tipe maka cara mencegah penyakit tersebut juga dibagi sesuai dengan tipe penyakit DM tersebut.

Memang benar lebih baik mencegah munculnya penyakit diabetes melitus daripada harus mengatasinya. Karena penyakit ini bisa dikatakan sebagai penyakit yang tidak mudah untuk diatasi. Untuk anda yang ingin mencegah penyakit diabetes melitus maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja pencegahan untuk masing-masing tipe penyakit diabetes melitus tersebut.

Jika anda ingin mengetahui informasi mengenai cara menurunkan gula darah tinggi atau pencegahan penyakit diabetes melitus tersebut, anda bisa mendapatkannya di artikel ini.

Macam Pencegahan Penyakit Diabetes Melitus Menurut Tipenya

cegah diabetesPenyakit diabetes melitus dibagi menjadi beberapa jenis dilihat dari apa yang menyebabkan munculnya penyakit tersebut. Hal tersebut juga mempengaruhi pencegahan penyakit diabetes melitus tersebut. Karena masing-masing tipe penyakit DM membutuhkan cara pencegahan yang berbeda.

Berikut merupakan cara pencegahan penyakit diabetes melitus menurut masing-masing jenisnya:

  • Pencegahan DM tipe 1

Penyakit DM tipe 1 memang merupakan penyakit DM yang paling berbahaya. Penyakit ini bisa muncul dikarenakan adanya kerusakan fungsi dari organ pankreas. Untuk mencegah penyakit DM tipe 1 ini memang tidak mudah karena kebanyakan penderitanya memang memiliki faktor keturunan.

Namun penyakit ini bisa dicegah dengan mendapatkan suntikan vaksin khusus yang dapat mencegah virus menyerang organ pankreas. Selain itu penyakit DM tipe 1 juga bisa dicegah dengan mengontrol kadar gula dalam darah secara ketat.

  • Pencegahan DM tipe 2

DM tipe 2 memang tidak terlalu berbahaya seperti DM tipe 1. Namun demikian, banyak sekali penderita penyakit diabetes melitus menderita penyakit DM tipe 2. Selain itu, sudah banyak orang yang menjadi korban dari penyakit DM tipe 2 ini.

Penyakit ini sebenarnya jauh lebih mudah dicegah daripada DM tipe 1. Untuk mencegah penyakit ini anda perlu menjaga pola makan dan juga menjaga agar tubuh jangan sampai mengalami obesitas. Karena obesitas dapat mengurangi kemampuan sel di dalam tubuh menerima hormon insulin. Hal tersebut dapat menyebabkan penyakit DM tipe 2 ini muncul.

  • Pencegahan DM Gestasi

Seorang wanita hamilpun bisa menderita penyakit diabetes melitus. Penyakit DM yang menyerang wanita hamil disebut dengan DM gestasi. Memang tampaknya penyakit ini tidak begitu berbahaya. Namun jika dibiarkan maka keselamatan ibu dan bayi bisa menjadi taruhan.

Oleh sebab itu, penyakit ini sangat perlu dicegah. Untuk mencegah penyakit ini juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mengecek kadar gula darah secara rutin pada minggu ke 8 sampai minggu ke 10 masa kehamilan.

  • Pencegahan DM lansia

Penyakit DM memang paling banyak menyerang lansia. Semua itu dikarenakan fungsi organ tubuh pada lansia mulai banyak penurunan. Untuk mencegah agar lansia memiliki resiko yang kecil untuk menderita penyakit DM adalah dengan mengatur pola makan dan mulai rutin melakukan olahraga.

Dengan melakukan semua cara pencegahan penyakit diabetes melitus sesuai dengan tipenya, maka resiko andapun akan semakin kecil untuk menderita masing-masing jenis penyakit DM tersebut.