Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Cegah DM | 0 comments

Cara Ampuh Mencegah Dan Mengatasi Komplikasi Diabetes

Komplikasi memang merupakan masalah yang bisa dikatakan paling berat bagi penderita diabetes melitus. Karena itulah, cukup banyak penderita diabetes melitus yang ingin mengetahui apakah ada solusi untuk mengatasi maupun mencegah munculnya komplikasi penyakit akibat diabetes melitus.

Sebenarnya ada beberapa cara ampuh yang bisa anda gunakan baik untuk mengatasi maupun untuk mencegah kemunculan komplikasi penyakit tersebut. Ingin tau seperti apa caranya? Pelajari selengkapnya mengenai cara ampuh untuk mengatasi maupun mencegah komplikasi penyakit akibat DM di artikel ini.

5 Cara Untuk Mengatasi dan Mencegah Munculnya Komplikasi Akibat Diabetes Melitus

Pola makan yang tidak diatur.Sebelum anda mempelajari lebih lanjut mengenai apa saja cara untuk mencegah maupun mengatasi komplikasi akibat diabetes melitus, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya yang dapat memicu munculnya masalah tersebut.

Komplikasi sering dialami oleh penderita diabetes melitus karena beberapa faktor berikut ini:

  • Ketidakmampuan untuk menjaga kestabilan kadar gula di dalam darah.
  • Penggunaan pola hidup yang buruk.
  • Pola makan yang tidak diatur.

Namun demikian, komplikasi penyakit juga bisa saja dialami karena seseorang sama sekali tidak mengetahui bahwa sudah menderita penyakit diabetes melitus. Karena memang terkadang penyakit DM sering tidak menunjukkan gejala apapun sebelum penyakit bertambah parah.

Untuk anda yang saat ini sudah ataupun belum mengalami masalah komplikasi akibat diabetes melitus, anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini untuk mencegah maupun untuk mengatasi komplikasi DM tersebut:

  • Pertahankan berat badan agar jangan sampai berlebihan

Berat badan yang terlalu berlebih dapat meningkatkan resiko kemunculan dari komplikasi diabetes. oleh karena itulah, menjaga berat badan agar jangan sampai berlebihan adalah salah satu cara paling ampuh untuk mencegah munculnya komplikasi. Selain itu, cara ini juga sangat baik digunakan untuk anda yang saat ini sudah terlanjur menderita komplikasi akibat diabetes melitus.

  • Hindari minuman beralkohol dan rokok

Rokok maupun minuman beralkohol sebaiknya dikurangi atau bila mampu hindari. Karena memang kedua hal tersebut merupakan faktor pemicu masalah komplikasi yang cukup besar.

  • Kontrol kadar gula darah

Karena kadar gula darah merupakan salah satu faktor pemicu munculnya masalah komplikasi, maka sebaiknya cek kadar gula darah secara rutin. Minumlah berbagai macam obat-obatan yang disarankan oleh dokter untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

  • Kontrol tekanan darah

Selain mengontrol kadar gula di dalam darah, penderita diabetes melitus yang tidak ingin mengalami komplikasi juga wajib mengontrol tekanan darahnya. Jangan sampai tekanan darah melonjak terlalu tinggi. Karena tekanan darah yang terlalu tinggi akan meningkatkan resiko anda untuk menderita stroke.

  • Atur pola makan

Pola makan juga perlu diatur jika anda ingin mengatasi maupun mencegah munculnya masalah komplikasi akibat diabetes melitus. pastikan untuk tidak terlalu sering memakan makanan yang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi.

Solusi Mengatasi DM Selain Menggunakan Obat Kimia

Kebanyakan penderita diabetes melitus memang menggunakan obat-obatan kimia untuk membantu mencegah kadar gula darahnya meningkat. Namun demikian, sebenarnya obat-obatan kimia tersebut tidak membantu mengatasi penyakit diabetes melitus.

Karena memang obat-obatan tersebut masih belum mampu mengatasi sampai pada sumber masalahnya. Namun untunglah, saat ini sudah ditemukan obat alami yang memiliki kandungan Iridoid yang dapat membantu mengatasi penyakit diabetes melitus langsung sampai akar permasalahannya.