Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Cegah DM | 0 comments

Apakah Mencegah Penyakit Diabetes Masih Memungkinkan Untuk Dilakukan?

Sebenarnya, mencegah penyakit diabetes masih memungkinkan untuk dilakukan. Namun perlu anda ketahui bahwa pencegahan untuk masing-masing jenis penyakit diabetes melitus berbeda-beda. Jika saat ini anda masih belum dinyatakan menderita penyakit tersebut, ada baiknya anda mulai giat untuk melakukan tindakan pencegahan.

Bila anda masih belum jelas mengenai bagaimana cara mencegah penyakit diabetes sesuai dengan jenisnya, maka jangan cemas karena anda bisa mendapatkan informasi tersebut di artikel ini.

Metode Mencegah Penyakit Diabetes Sesuai Dengan Jenisnya

Metode mencegah diabetesUntuk anda yang ingin mulai melakukan tindakan pencegahan penyakit diabetes melitus, sebaiknya anda mulai melakukan beberapa metode berikut ini:

  1. Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 1

Banyak orang mengira bahwa penyakit diabetes melitus tipe 1 tidak mungkin dicegah karena faktor penyebabnya adalah faktor keturunan atau genetik. Namun faktanya, penyakit DM tipe 1 masih mungkin dicegah. Karena sebenarnya, dari sekian banyak orang yang menderita penyakit DM, hanya 10% saja yang dinyatakan menderita penyakit DM tipe 1 ini.

  • Pengobatan Intensif

Cara mencegah penyakit diabetes melitus tipe 1 yang paling umum digunakan adalah pengobatan intensif. Bagi anda yang memang sudah menyadari memiliki faktor genetik untuk menderita penyakit DM tipe 1, sebaiknya mulailah mengontrol kadar gula darah. Karena jika anda mampu mengontrol kadar gula darah secara ketat, maka kemungkinan anda untuk menderita penyakit diabetes melitus tipe 1 dapat ditekan.

  • Tes DNA

Tes DNA sering digunakan sebagai tindakan pencegahan pada beberapa negara yang memang penduduknya memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita penyakit DM tipe 1. Tes DNA dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang terutama anak-anak memiliki faktor resiko untuk menderita penyakit DM tipe 1.

Jika memang seseorang ditemukan beresiko menderita penyakit tersebut, maka akan dilakukan penyuntikan vaksin khusus untuk mencegah virus menyerang organ pankreas. Selain itu, cara mencegah penyakit diabetes melitus yang kerap digunakan adalah memberikan obat khusus untuk melindungi sel beta pankreas agar tidak mengalami penurunan fungsi.

  1. Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2

Mencegah diabetes melitus tipe 2 dapat dikatakan jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan diabetes melitus tipe 1. Karena memang diabetes melitus tipe 2 umumnya muncul akibat pola hidup seseorang yang salah atau tidak sehat. Oleh sebab itu, solusi untuk dapat mencegah diabetes tipe ini adalah dengan mulai merubah pola hidup dan juga mengatur pola makan.

Selain itu, disarankan juga untuk mulai rutin melakukan aktivitas olahraga secara teratur. Karena dengan melakukan olahraga secara teratur juga dapat mengurangi resiko seseorang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

  1. Pencegahan Diabetes Melitus Gestasional

Meskipun diabetes gestasional memang sering lenyap setelah seorang wanita melahirkan, namun sebaiknya penyakit tersebut tetap harus dicegah sebisa mungkin. Karena seorang wanita yang sudah pernah menderita penyakit DM gestasional jauh lebih beresiko menderita DM tipe 2.

Pada umumnya, tindakan untuk mencegah diabetes tipe ini cukup mudah untuk dilakukan. Seorang wanita yang sedang dalam masa kehamilan harus rutin melakukan cek kadar gula darah terutama ketika usia kehamilan 8 hingga 10 bulan. Jika pengecekan kadar gula darah bisa dilakukan secara rutin, maka seorang wanita hamil bisa terhindar dari penyakit DM gestasional.

  1. Pencegahan Diabetes Melitus Pada Lansia

Diabetes melitus memang juga sangat rawan diderita oleh para lansia. Namun diabetes melitus pada lansia juga masih mungkin untuk dicegah kemunculannya. Untuk mencegah diabetes menyerang lansia, sebaiknya lansia sering melakukan cek gula darah. Selain itu juga mereka harus mulai mengatur pola makan dan melakukan olahraga secara teratur.