Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Batas Gula Darah | 0 comments

Ukuran Gula Darah Normal Untuk Mengurangi Resiko Menderita Penyakit Diabetes Melitus

Apakah anda sudah mengetahui bahwa memiliki ukuran gula darah normal bisa mengurangi resiko kemunculan penyakit diabetes melitus? Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit yang muncul dikarenakan adanya penumpukan glukosa di dalam darah.

Faktor yang menyebabkan penyakit ini muncul adalah tingginya kadar gula di dalam darah. Oleh sebab itu jika anda bisa menjaga kadar gula darah tetap normal maka andapun bisa mengurangi resiko untuk menderita penyakit diabetes melitus. Ukuran gula darah normal sebenarnya tidak baku.

Namun pada umumnya ukuran kadar gula darah normal setelah berpuasa selama 8 jam adalah pada kisaran 70 hingga 110 mg/dl. Sedangkan setelah mendapatkan glukosa dari makanan kadar gula akan meningkat menjadi 200 mg/dl.

Namun ternyata ada beberapa hal yang bisa saja meningkatkan kadar gula darah anda secara drastis dan tanpa anda ketahui. Biasanya hal-hal tersebutlah yang membuat orang menderita penyakit diabetes melitus. Apa saja penyebab meningkatnya kadar gula darah tersebut? Baca lebih lanjut mengenai hal tersebut di sini.

Penyebab Kadar Gula Darah Lebih Tinggi dari Ukuran Gula Darah Normal

kadar gula darah normalSebenarnya ada banyak hal yang bisa membuat kadar gula darah meningkat lebih tinggi dari ukuran gula darah normal. Namun dari beberapa kasus ditemukan setidaknya ada 3 macam penyebab mengapa kadar gula darah bisa meningkat secara drastis.

Inilah beberapa hal yang bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat melebihi batas normal:

• Jarang berolahraga dan memiliki masalah kelebihan berat badan

Jarangnya melakukan olahraga adalah hal pertama yang bisa menyebabkan kadar gula di dalam darah meningkat. Semua itu dikarenakan tubuh yang jarang melakukan olahraga akan memiliki tumpukan lemak. Tumpukan lemak dapat mengganggu kinerja hormon insulin dalam menyebarkan glukosa ke seluruh sel.

Karena reseptor sel tertutup oleh lemak dan kesulitan menerima glukosa maka glukosapun menumpuk di dalam darah. Setelah beberapa waktu tumpukan glukosa di dalam darah itupun membuat kadar gula darah meningkat secara tak terkendali.

• Sering memakan makanan yang tidak sehat

Memakan makanan yang tidak sehat secara terus menerus juga memberikan dampak yang cukup besar pada peningkatan kadar gula darah. Jika anda memakan terlalu banyak makanan yang mengandung glukosa dan juga karbohidrat maka tubuh akan memiliki tumpukan glukosa. Hal tersebut akan membuat kadar gula darah meningkat dan jika tidak diatasi secepatnya masalah ini bisa memicu munculnya penyakit diabetes melitus tipe 2.

• Organ pankreas mengalami kerusakan

Peningkatan kadar gula darah juga bisa terjadi dikarenakan adanya penurunan fungsi maupun kerusakan fungsi dari organ pankreas. Dengan tidak dapatkan organ pankreas berfungsi dengan maksimal maka glukosa yang ada di dalam tubuh tidak dapat disalurkan.

Semua itu dikarenakan hormon insulin tidak dapat diproduksi lagi oleh organ pankreas yang mengalami kerusakan. Masalah ini biasanya meningkatkan kemunculan penyakit diabetes melitus tipe 1 jika didiamkan dalam waktu yang cukup lama.

Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal Itu Penting

Hampir semua orang berusaha mati-matian untuk bisa terbebas dari penyakit diabetes melitus dan juga mencegah agar penyakit ini tidak muncul. Jika anda adalah salah satu dari mereka maka anda bisa mencegah maupun mengatasi penyakit ini dengan menjaga agar kadar gula darah anda tidak melebihi ukuran gula darah normal. Karena dengan begitu maka tubuh anda tidak akan menampung terlalu banyak glukosa yang dapat meningkatkan resiko munculnya penyakit diabetes melitus.