Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Akibat Kencing Manis | 0 comments

Seberapa Besar Kemungkinan Kerusakan Organ Hati Sebagai Akibat Diabet

Taukah anda bahwa akibat diabet yang tidak ditangani dengan serius dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati? Memang tidak banyak penderita penyakit diabetes melitus yang mengetahui mengenai masalah ini. Karena itu, masih banyak penderita penyakit diabetes melitus yang menganggap enteng penyakit yang dideritanya.

Padahal faktanya ada banyak sekali masalah yang bisa muncul akibat diabet yang tidak diatasi dengan benar. Jika anda adalah penderita penyakit diabetes melitus, sebaiknya jangan sampai anda menganggap enteng penyakit yang saat ini anda derita. Lebih baik anda mulai mempelajari mengenai apa saja kemungkinan-kemungkinan terburuk yang bisa anda alami.

Seperti salah satunya adalah menderita kerusakan organ hati dan juga menderita penyakit hepatitis. Bagi anda yang ingin mempelajari lebih banyak mengenai apa yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan organ hati dan kemunculan penyakit hepatitis, anda bisa membacanya di sini.

Apa Hubungan Kerusakan Organ Hati dan Kemunculan Penyakit Hepatitis Sebagai Akibat Diabet

hepatitisPastinya ada beberapa dari anda penderita penyakit diabetes melitus yang masih merasa bingung tentang apa yang menyebabkan kerusakan organ hati dan kemunculan penyakit hepatitis sebagai akibat diabet. Kerusakan organ hati bisa terjadi sama halnya seperti kerusakan organ ginjal.

Jika kadar glukosa di dalam darah terlalu tinggi, maka organ hati akan bekerja melebihi kemampuannya. Jika hal tersebut dibiarkan dan tidak diatasi, maka organ hatipun akan mengalami kerusakan. Kerusakan pada organ hati dapat memicu munculnya penyakit hepatitis. Namun demikian, kemunculan penyakit hepatitis terutama tipe B dan C juga dapat dipicu oleh tingginya kadar lemak di dalam tubuh.

Penderita penyakit DM tipe 2 memang yang paling beresiko menderita penyakit hepatitis tipe B dan C ini. Karena mayoritas penderita DM tipe 2 memiliki masalah obesitas atau kelebihan berat badan. Masalah obesitas akan menyebabkan organ hati terbungkus dengan lemak. Jika lemak yang membungkus organ hati semakin tebal, maka persentase kemunculan penyakit hepatitis tipe B dan C akan semakin tinggi.

Melihat dari begitu berbahayanya akibat diabet tersebut, sebaiknya memang anda yang sudah menderita penyakit diabetes melitus mempelajari bagaimana cara mencegah terjadinya kerusakan organ hati dan juga kemunculan penyakit hepatitis tersebut. Anda bisa sekaligus mempelajari cara pencegahannya di sini.

Pencegahan Kerusakan Organ Hati dan Penyakit Hepatitis

Bagi penderita penyakit diabetes melitus, sangat penting untuk mulai mencegah terjadinya kerusakan pada organ hati dan juga kemunculan penyakit hepatitis. Karena memang penyakit tersebut sangat mudah menyerang penderita DM.
Inilah beberapa pencegahan yang seharusnya mulai disiplin dilakukan oleh penderita penyakit diabetes melitus:

• Untuk anda penderita penyakit diabetes melitus yang memiliki masalah kelebihan berat badan, mulailah untuk mengurangi berat badan anda.

• Karena penyakit hepatitis merupakan penyakit menular, maka sebaiknya anda penderita penyakit DM tidak terlalu dekat dengan penderita penyakit hepatitis.

• Pastikan untuk mendapatkan vaksinasi penyakit hepatitis agar tubuh anda memiliki antibodi yang kuat untuk mencegah penyakit hepatitis.

Jika anda bisa disiplin menjalankan semua tindakan pencegahan tersebut, maka minimal anda bisa terbebas dari masalah kerusakan organ hati dan juga penyakit hepatitis akibat diabet tersebut.