Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Akibat Kencing Manis | 0 comments

Menurunnya Fungsi Seksual Pada Pria Sebagai Dampak Penyakit Diabetes

Dampak penyakit diabetes juga dapat menurunkan fungsi seksual terutama pada penderita penyakit DM pria. Hal ini tentunya semakin memperparah kondisi seorang penderita penyakit DM. Hasil penelitian menemukan bahwa 3% dari penderita penyakit diabetes melitus pria mengalami penurunan dan bahkan kehilangan kemampuan ereksi Masalah disfungsi ereksi ini bukanlah masalah sepele.

Karena jika dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan munculnya masalah psikis seperti kurang percaya diri dan perasaan bersalah kepada pasangan. Oleh karena itu, sebaiknya para pria yang menderita penyakit diabetes melitus harus lebih waspada dan mulai belajar mengontrol penyakit diabetes melitus yang dideritanya. Jika anda tidak ingin mengalami dampak penyakit diabetes tersebut, maka sebaiknya anda mempelajari apa yang dapat menyebabkan munculnya penurunan fungsi seksual tersebut terjadi di sini.

Mengapa Penderita Penyakit Diabetes Melitus Beresiko Mengalami Penurunan Fungsi Seksual

penurunan seksual pada penderita dmCukup banyak faktor yang dapat menyebabkan seorang penderita penyakit DM harus mengalami masalah penurunan fungsi seksual. Berikut adalah beberapa faktor yang biasanya memicu munculnya dampak penyakit diabetes tersebut:

  • Penyempitan pembuluh darah

Sebagai penderita penyakit DM, tentunya anda sudah mengetahui bahwa kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan rusaknya dinding pembuluh darah. Kerusakan pada dinding pembuluh darah akan memicu penumpukan lemak di pembuluh darah.

Jika dibiarkan, maka semakin lama pembuluh darah akan mengalami penyempitan. Ketika pembuluh darah mulai menyempit akibat penumpukan lemak, maka aliran darahpun menjadi berkurang. Sebagai akibatnya, seorang pria tidak dapat mengalami ereksi secara maksimal.

  • Kondisi tubuh yang sering tidak prima

Penyakit diabetes melitus yang tidak terkontrol dengan baik juga sangat mempengaruhi kondisi tubuh. Seseorang yang tidak mampu mengontrol kadar gula darah dengan benar kebanyakan mengeluhkan kondisi tubuhnya sering tidak prima. Kondisi tubuh yang tidak prima juga dapat mempengaruhi gairah seksual. Karena itu, tidak heran jika seorang penderita penyakit DM menjadi tidak bergairah untuk melakukan hubungan intim dengan pasangannya.

  • Munculnya infeksi jamur

Penyakit diabetes melitus memang dapat memicu munculnya infeksi jamur. Infeksi jamur berpotensi muncul pada ujung alat kelamin terutama pada penderita penyakit DM pria. Bila hal tersebut terjadi, maka penderita akan mengalami penurunan gairah seksual.

Solusi Mencegah dan Mengatasi Penurunan Fungsi Seksual Sebagai Dampak Penyakit Diabetes

Masalah penurunan fungsi seksual ini memang merupakan masalah besar bagi pria yang menderita penyakit diabetes melitus. Namun demikian, sebenarnya masih ada solusi baik untuk mencegah maupun mengatasi masalah tersebut.

Inilah beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk mencegah dan juga mengatasi penurunan fungsi seksual sebagai dampak penyakit diabetes:

  • Meningkatkan pengendalian penyakit diabetes melitus.
  • Berkonsultasi dengan dokter mengenai obat-obatan yang selama ini anda konsumsi. Jika memang ada obat-obatan yang berpotensi menyebabkan penurunan fungsi seksual, sebaiknya segera diganti.
  • Melakukan pengecekan pada kelenjar endoktrin. Bila memang ada masalah di bagian tersebut, sebaiknya segera diatasi.
  • Mulai menghindari minuman beralkohol dan juga rokok.