Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Akibat Kencing Manis | 0 comments

Mengapa Luka Diabetes di Bagian Kaki Sering Diderita oleh Penderita DM?

Semakin lama semakin banyak penderita diabetes yang mengalami luka diabetes di bagian kaki. Luka yang dialami oleh penderita diabet tersebut dapat menyebabkan masalah yang cukup serius. Karena jika sampai mengalami pembusukan, bagian tersebut harus diamputasi.

Taukah anda mengapa seorang penderita penyakit diabetes melitus sangat rentan mengalami luka diabetes terutama di bagian kaki? Jika anda masih belum mengetahui alasan mengapa seorang penderita diabet lebih beresiko mengalami masalah luka serius, maka anda bisa mempelajarinya lebih lanjut di sini.

Alasan Mengapa Seorang Penderita Diabet Lebih Rentan Mengalami Luka Diabetes di Bagian Kaki

alasan mengapaSeorang penderita diabet memang sangat rawan mengalami masalah luka diabetes terutama di bagian kaki. Semua itu dikarenakan beberapa macam alasan. Berikut adalah beberapa macam alasan mengapa seorang penderita diabetes lebih mudah mengalami luka serius:

• Seorang penderita diabetes melitus sering mengalami kerusakan saraf terutama saraf penting di bagian kaki. Kerusakan saraf tersebut membuat kaki sering mati rasa.

• Seorang penderita penyakit diabetes melitus memiliki tingkat penyembuhan luka yang jauh lebih rendah karena tingginya kadar gula darah. Hal tersebut membuat luka yang dialami oleh penderita diabet jauh lebih lama pulih.

• Seorang penderita penyakit diabetes melitus memiliki resiko menderita penyakit gagal ginjal. Penyakit gagal ginjal akan semakin menurunkan kemampuan penyembuhan luka tubuh.

Jenis Luka Diabetes di Bagian Kaki

Setelah anda mengetahui alasan mengapa seorang penderita diabet jauh lebih rentan mengalami luka serius, selanjutnya andapun perlu mengetahui mengenai apa saja jenis luka diabetes di bagian kaki yang paling banyak dialami oleh seorang penderita diabet. Dilihat dari beberapa orang penderita penyakit diabet, ditemukan 2 macam jenis luka diabetes.

Berikut adalah 2 macam jenis luka serius yang biasa diakibatkan oleh penyakit diabetes melitus tersebut:

1. Borok

Borok merupakan jenis luka yang paling banyak diderita oleh seorang penderita diabet. Luka ini berbentuk seperti kawah. Penyebab munculnya luka jenis ini adalah kerusakan jaringan kulit maupun kerusakan pada lapisan lendir di bawah lapisan kulit.

2. Gangren

Jenis luka diabetes yang kedua adalah gangren. Gangren adalah jenis luka yang jauh lebih parah dibandingkan dengan borok. Karena gangren bisa menyebabkan pembusukan jika tidak diatasi dengan cepat dan benar.

Jika sampai terlambat mengatasi luka jenis gangren ini, maka penderita harus menjalani operasi amputasi untuk mencegah penyebaran pembusukan ke bagian tubuh lainnya. Luka jenis gangren ini biasanya muncul karena disebabkan oleh kehilangan pasokan darah dan juga karena infeksi serius.

Masalah luka diabetes tersebut bisa dikurangi kemungkinan kemunculannya dengan rutin membersihkan kaki setiap hari dan juga menjaga kadar gula darah di dalam tubuh. Selain itu, pastikan untuk selalu menggunakan alas kaki dimanapun.