Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Akibat Kencing Manis | 0 comments

Komplikasi Kronis, Efek Diabetes Melitus yang Sering Terlambat Diatasi

Efek diabetes melitus memang ada cukup banyak dan mayoritas dapat menyebabkan permasalahan yang jauh lebih berbahaya. Komplikasi adalah salah satu efek diabetes melitus yang paling sering dialami oleh penderita yang tidak dapat mengontrol kadar gula darah dengan baik.

Komplikasi yang diakibatkan oleh penyakit diabetes melitus sendiri dibagi menjadi 2 macam jenis. Komplikasi sebagai efek penyakit diabetes yang pertama adalah komplikasi akut. Selain komplikasi akut, penderita DM juga sangat rawan mengalami komplikasi kronis.

Berbeda dengan komplikasi akut yang muncul secara tiba-tiba, komplikasi kronis biasanya muncul secara bertahap dan juga perlahan-lahan. Karena itulah, terkadang penderita diabetes sendiri tidak menyadari kemunculan dari komplikasi kronis tersebut. Komplikasi kronis cenderung menyebabkan kerusakan pada beberapa macam organ penting di dalam tubuh.

Oleh sebab itu, jika sampai penderita diabetes melitus mengalaminya, maka mereka akan semakin merasakan penderitaan yang jauh lebih berat lagi. Seperti apa saja komplikasi kronis yang dapat dialami oleh penderita DM tersebut? Cek info selengkapnya mengenai komplikasi kronis tersebut di artikel ini.

4 Macam Jenis Komplikasi Kronis Sebagai Efek Diabetes Melitus

4 Macam Jenis Komplikasi Kronis Sebagai Efek Diabetes MelitusSetidaknya ada 4 macam jenis komplikasi kronis yang muncul sebagai efek diabetes. kabar buruknya, penderita diabetes melitus bisa saja mengalami keempat macam jenis komplikasi kronis tersebut jika tidak dapat menjaga kestabilan kadar gula darahnya.

Karena memang komplikasi kronis tersebut muncul sebagai akibat dari terlalu tingginya kadar gula darah dalam waktu yang cukup lama. Berikut adalah empat macam jenis komplikasi kronis sebagai efek penyakit diabetes yang sangat perlu anda waspadai kemunculannya:

  1. Penyakit Jantung

Komplikasi kronis yang paling umum dialami sebagai efek penyakit diabetes adalah masalah pada organ jantung. Hal ini bisa terjadi karena kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat merusak dinding pembuluh darah. Ketika pembuluh darah mengalami kerusakan, lemak akan mulai menumpuk di dinding pembuluh darah.

Penumpukan lemak di dalam pembuluh darah akan semakin mempersempit pembuluh darah dan membuat organ jantung bekerja ekstra keras untuk memompa darah. Jika dibiarkan, jelas organ jantung akan mengalami penurunan fungsi dan lama kelamaan akan mengalami kerusakan.

Ketika organ jantung mulai mengalami penurunan atau kerusakan, akan muncul beberapa macam masalah seperti:

  • Serangan jantung
  • Dada sering merasa nyeri
  • Munculnya penyakit jantung koroner
  • Tekanan darah meningkat

Jangan sampai anda meremehkan efek diabetes satu ini. Karena jika sampai tekanan darah anda terus meningkat, pembuluh darah akan pecah. Jika sampai pembuluh darah di bagian otak pecah, maka anda akan mengalami stroke.

Gejala Munculnya Penyakit Jantung

Untuk anda yang ingin mencegah atau mengatasi penyakit jantung secepat mungkin, maka sebaiknya anda juga perlu mengetahui seperti apa gejala kemunculan penyakit tersebut. Berikut ini adalah beberapa macam gejala munculnya penyakit jantung:

  • Mudah merasa lelah dan letih.
  • Berkeringat lebih banyak dari biasanya.
  • Dada sering merasa nyeri.
  • Nafas terasa sesak dan lebih dalam.
  • Sering sakit kepala.
  • Detak jantung tidak beraturan.

Bagi anda yang saat ini sudah menderita penyakit diabetes melitus, sebaiknya anda harus lebih waspada. Karena banyak penderita diabetes melitus yang tidak merasakan gejala nyeri di bagian dada. Hal tersebut bisa terjadi karena sistem saraf di dalam tubuh seorang penderita diabetes melitus sudah mengalami kerusakan.

Jenis Penyakit Jantung yang Sering Dialami Penderita Diabetes

Jenis Penyakit JantungPenyakit jantung memang ada berbagai macam jenis. Namun demikian, penderita diabetes melitus umumnya lebih sering mengalami penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang muncul akibat terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Penyumbatan pembuluh darah akan menyebabkan organ jantung bekerja lebih keras dari semestinya dan jika hal tersebut berlangsung dalam waktu yang lama, maka organ jantung akan mengalami kerusakan.

Faktor Penyebab Penderita Diabetes Melitus Menderita Penyakit Jantung

Memang benar bahwa tidak semua penderita diabetes melitus dapat menderita penyakit diabetes melitus. Ada beberapa macam faktor yang dapat meningkatkan resiko seorang penderita DM untuk menderita penyakit jantung. Berikut adalah beberapa faktor yang meningkatkan resiko seorang penderita DM untuk menderita penyakit jantung:

  • Kadar gula darah sering naik dan tidak bisa dikontrol.
  • Obesitas
  • Tekanan darah tinggi.
  • Kebiasaan merokok dan juga minum minuman beralkohol.
  • Pola makan yang buruk.
  • Jarang atau bahkan tidak pernah melakukan olahraga.
  • Kadar kolesterol jahat dan trigliserida tinggi.
  • Memiliki masalah resistensi insulin.

Bagi anda yang menderita penyakit diabetes melitus dan juga memiliki beberapa faktor tersebut, sebaiknya anda lebih berhati-hati. Karena kemungkinan besar anda bisa menderita penyakit jantung sebagai efek diabetes yang saat ini anda derita.

  1. Kerusakan Organ Ginjal

Selain penyakit jantung, efek penyakit diabetes yang juga perlu diwaspadai adalah rusaknya organ ginjal. kerusakan organ ginjal dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal. Perlu diketahui juga bahwa gagal ginjal memang paling sering dialami oleh seseorang yang sudah menderita penyakit diabetes melitus. Karena memang kadar gula darah yang sangat tinggi dapat menyebabkan ginjal mengalami kerusakan sebaiknya carilah cara penanganan diabetes melitus yang terbukti dapat meminimalisir terjadinya komplikasi.

  1. Kerusakan Organ Mata

Setelah mengalami kerusakan ginjal, biasanya penderita diabetes melitus akan mengalami kerusakan pada organ mata. Karena memang kerusakan organ mata merupakan efek lanjutan dari rusaknya organ ginjal. kerusakan pada organ mata akan menyebabkan penderita diabetes mengalami berbagai macam gangguan penglihatan dan jika sudah terlalu parah, penderita DM juga beresiko mengalami kebutaan.

  1. Kerusakan Pada Sistem Syaraf

Selain menyebabkan kerusakan pada organ mata, gagal ginjal yang muncul sebagai efek diabetes juga dapat menyebabkan kerusakan pada sistem syaraf. Kerusakan pada sistem syaraf bisa menyebabkan berbagai macam masalah seperti impotensi pada pria, mati rasa di bagian kaki, dan sering mengalami kram.